1. Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya. 

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN  PANCASILA

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat menjelaskan proses transfer energi antarmakhluk hidup dan dapat membuat kartu pancasila.

IPAS
                                         
  Transfer energi dalam piramida makanan adalah proses pemindahan energi dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya, dimulai dari produsen (tumbuhan) yang menyerap energi matahari, lalu ke konsumen primer (herbivora), dan selanjutnya ke konsumen sekunder (karnivora) dan seterusnyaSetiap perpindahan energi ini menghasilkan penurunan jumlah energi yang signifikan, biasanya sekitar 10%, yang digunakan organisme untuk kebutuhan hidup mereka, sehingga jumlah organisme juga berkurang di tingkat yang lebih tinggi. 
Tingkat-tingkat dalam Piramida Makanan
Piramida makanan menggambarkan struktur ekosistem berdasarkan hubungan makan dan dimakan, dan menunjukkan jumlah energi yang tersedia pada setiap tingkat. 
    • Berada di dasar piramida. 
    • Menyerap energi dari Matahari untuk membuat makanan sendiri melalui fotosintesis. 
    • Contohnya adalah tumbuhan. 
    • Memakan produsen (tumbuhan) untuk mendapatkan energi. 
    • Contohnya adalah hewan herbivora. 
    • Memakan konsumen primer untuk mendapatkan energi. 
    • Contohnya adalah hewan karnivora yang memakan herbivora. 
    • Memakan konsumen sekunder atau tingkat yang lebih rendah. 
Bagaimana Energi Ditransfer?
  • Matahari adalah Sumber Utama:
    Semua energi di piramida makanan dimulai dari Matahari. 
  • Dari Produsen ke Konsumen:
    Energi dari Matahari diubah menjadi energi kimia oleh produsen (tumbuhan). Energi ini kemudian ditransfer ke konsumen ketika mereka memakan tumbuhan. 
  • Penurunan Energi:
    Setiap kali energi ditransfer ke tingkat trofik berikutnya, sebagian besar energi hilang atau digunakan oleh organisme untuk aktivitas hidup seperti bernapas dan bergerak. 
  • Aturan 10%:
    Hanya sekitar 10% energi yang ditransfer dari satu tingkat trofik ke tingkat berikutnya; sisanya 90% hilang sebagai panas atau digunakan untuk metabolisme, menurut aturan 10%. 
Mengapa Ada Penurunan Energi?
Karena energi terus-menerus digunakan dan hilang dalam setiap perpindahan, jumlah energi yang tersedia menurun drastis pada tingkat yang lebih tinggi. Ini menjelaskan mengapa jumlah individu dalam setiap tingkat piramida makanan berkurang seiring dengan naiknya tingkat trofik, karena tidak ada cukup energi untuk mendukung populasi yang besar pada tingkat yang lebih tinggi. 

Latihan IPAS 
Perhatikan makhluk hidup berikut!
  1. tanaman pisang
  2. ayam
  3. singa
  4. fitoplankton
Makhluk hidup yang memperoleh energi dengan cara memakan makhluk hidup lain yaitu ....
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4

Soal No.2
Makhluk hidup yang memperoleh energi dari cahaya matahari dalam jaring-jaring makanan yaitu ....
A. produsen
B. konsumen tingkat 1
C. konsumen tingkat 2
D. pengurai

Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!
Pada piramida makanan di atas, makhluk hidup yang menerima paling sedikit energi ditunjukkan oleh nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!
NoPernyataan
1Makhluk hidup menggunakan 60% energi untuk beraktivitas
2Makhluk hidup menggunakan 90% energi untuk beraktivitas
3Makhluk hidup menyimpan 10% energi di dalam tubuh
4Makhluk hidup menyimpan 40% energi di dalam tubuh
5Produsen mempunyai paling banyak energi
Pernyataan di atas yang benar terkait transfer energi dalam jaring-jaring makanan yaitu . . . .
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5

Soal No.5
Komponen rantai makanan berikut yang tidak terdapat pada piramida makanan yaitu ....
A. produsen
B. konsumen tingkat 1
C. konsumen tingkat 2
D. konsumen tingkat 3
Pendidikan Pancasila
Demikian pembelajaran hari ini
Wassalamualaikum wr wb

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, seluruh peserta didik dapat membuat kartu pancasila dengan benar dan tepat.