Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Di akhir fase ini peserta didik menggunakan peta konvensional/digital untuk mengenal letak dan kondisi geografis negara Indonesia.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya


Apa kabar anak sholih sholihah..
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ..
      Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat  menelaah kondisi geografis wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan / maritim dan agraris serta mengidentifikasi kekayaan alam, membedakan singkatan dan akronim.

    IPAS



Membaca informasi dari peta

Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

Soal No.1
Perhatikan gambar berikut!
Fungsi gambar di atas yaitu...
A. menggambarkan banyak rasi bintang
B. menunjukkan lokasi suatu tempat
C. membantu dalam segala kegiatan
D. mempercepat laju kendaraan

Soal No.2
Diana memperhatikan sebuah peta. Peta tersebut menggambarkan informasi tentang kepadatan penduduk di suatu wilayah. Peta yang diperhatikan Diana disebut. . .
A. peta topograf
B. peta chorograf
C. peta tematik
D. peta dunia

Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!
Informasi umum peta yang ditunjukkan oleh tanda panah di atas yaitu. . .
A. skala
B. legenda
C. judul peta
D. peta sisipan

Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!
NoInformasi Umum Peta
1Skala
2Simbol
3Legenda
4Peta sisipan
Informasi umum yang menjelaskan keterangan simbol pada suatu peta ditunjukkan oleh nomor
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Soal No.5
Wina berkata bahwa Indonesia dikenal sebagai negara yang luas, tetapi terlihat kecil pada peta. Hal itu terjadi karena peta dibuat berdasarkan perbandingan ukuran besarnya gambar dengan keadaan yang sebenarnya. Perbandingan tersebut dinamakan . . .
A. skala
B. simbol
C. legenda
D. peta sisipan

  BAHASA INDONESIA