Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Elemen Menulis

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
      Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi sumber energi listrik dan perubahan ernergi listrik, menulis surat pribadi sesuai dengan kaidah penulisan surat 

    IPAS
Enenrgi Listrik


Setelah menyimak tayangan video di atas kerjakan soal latihan berikut! 
Ayo Berlatih
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

Soal No.1
Perhatikan benda berikut!
  1. lemari
  2. bolpoin
  3. parfum
  4. blender
Benda yang hanya dapat berfungsi apabila mendapat energi listrik yaitu...
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Soal No.2
Sepeda motor Pak Anton dapat menyala dan memancarkan cahaya karena mendapatkan energi listrik dari ....
A. spion
B. aki
C. gardu
D. roda

Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!
Tino bersama teman-temannya membuat rangkaian listrik seperti gambar di atas. Bagian rangkaian tersebut yang dapat memutuskan dan menyambungkan aliran listrik yaitu ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!
NoPilihan
1roda
2aki
3kabel
4baterai
5PLN
Zaki ditugaskan oleh Ibu guru untuk menuliskan sumber energi listrik. Agar tugas Zaki benar, maka dia harus menulis nomor . . . .
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5

Soal No.5
Energi listrik merupakan energi yang berasal dari pergerakan benda yang sangat kecil yang disebut . . . .
A. elektron
B. neutron
C. proton
D. ozon

Soal No.6
Diana membeli kabel listrik di toko. Kemudian dia mengelupas bagian luar kabel yang berwarna hitam sehingga terlihat bagian dalam kabel yang terbuat dari ....
A. emas
B. besi
C. tembaga
D. plastik

Soal No.7
Perhatikan gambar di bawah!
Benda pada gambar di atas dapat mengubah energi listrik menjadi energi....
A. gerak
B. cahaya
C. bunyi
D. panas

Soal No.8
Perhatikan gambar di bawah!
Benda pada gambar di atas dapat kita lihat pada suatu ruangan. Fungsinya agar orang yang berada dalam ruangan tidak kepanasan. Benda tersebut dapat mengubah energi listrik menjadi energi ....
A. gerak
B. panas
C. bunyi
D. cahaya

Soal No.9
Dwita membuat rangkaian listrik sederhana dengan menggunakan 2 lampu, kabel, dan 1 baterai. Lampu dapat menyala pada rangkaian tersebut. Kemudian Dwita menambahkan 1 baterai lagi, maka lampu akan ....
A. mati (padam)
B. menyala lebih redup
C. menyala lebih terang
D. menyala seperti dengan 1 baterai

Soal No.10
Adit memasang baterai pada senter sehingga senter dapat menyala. Tiba-tiba Adit melepas baterai lalu memasangnya secara terbalik pada senter, maka senter tersebut akan. . . .
A. menyala seperti semula
B. menyala lebih terang
C. menyala lebih redup
D. mati (padam)

Soal No.11
Perhatikan gambar di bawah!
Benda di atas yang dapat berfungsi dengan menggunakan sumber listrik arus searah (DC) ditunjukkan oleh nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Soal No.12
Salah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengubah sumber arus listrik dua arah menjadi sumber arus listrik searah yaitu....
A. pompa air
B. kompor listrik
C. laptop
D. kulkas

Soal No.13
Perhatikan gambar di bawah!
Benda di atas terhubung dengan kabel milik PLN sehingga energi listrik dapat diperoleh masyarakat. Benda di atas disebut...
A. gardu
B. sakelar
C. stop kontak
D. sekering

Soal No.14
Perhatikan gambar di bawah!
Fungsi benda pada gambar di atas yaitu ...
A. menyalurkan listrik dari sakelar
B. menyalurkan listrik dari pembangkit listrik
C. menyimpan listrik dari sakelar
D. menyimpan listrik dari pembangkit listrik

Soal No.15
Pembangkit listrik yang memanfaatkan air waduk yaitu ....
A. PLTU
B. PLTA
C. PLTS
D. PLTG

Soal No.16
Made berasal dari Kabupaten Bangli Provinsi Bali. Dia melihat banyak panel surya di kebun milik kakeknya. Alat yang dilihat Made digunakan untuk ....
A. PLTG
B. PLTU
C. PLTS
D. PLTA

Soal No.17
PLTU memanfaatkan hasil pemanasan ketel uap yang dapat memutar turbin. Bahan bakar yang digunakan yaitu ....
A. air
B. besi
C. solar
D. batu bara

Soal No.18
Perhatikan gambar di bawah!
Pembangkit listrik pada gambar di atas memanfaatkan ....
A. air
B. angin
C. cahaya matahari
D. panas bumi

Soal No.19
Perhatikan pernyataan berikut!
1) oven
2) radio
3) blender
4) rice cooker

Benda-benda yang mengubah energi listrik menjadi energi panas ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4

Soal No.20
Perhatikan gambar di bawah!
Pembangkit listrik di atas memanfaatkan bahan bakar ....
A. solar
B. udara
C. minyak bumi
D. batu bara


Bahasa Indonesia
Menulis Surat Pribadi 

Masih ingatkah kalian cara menulis surat yang baik? Nah, jurnal membaca kali ini memberikan contoh bagaimana menuliskan surat pribadi kepada tokoh pada artikel yang sedang kalian baca. Seandainya dapat menulis surat kepada tokoh utama, apakah yang akan kalian katakan dan tanyakan kepada tokoh tersebut? Tulislah surat pada selembar kertas. Perhatikan unsur penulisan surat pada contoh.
Bagian SuratKalimat
Tempat dan tanggal penulisan suratJudul Artikel : Ekspresi Diri Melalui Hobi
Penulis : Juarana
Sumber : Harian Silih Bangsa Edisi Minggu, 10 Agustus 2020
Tokoh Utama : Jefri
(1) Surabaya, 16 Agustus 2020
Nama dan alamat penerima suratUntuk: Jefri Mamantouw
Jalan Walanda Maramis 123A
Manado
Nama pengirimHai, Jefri, apa kabar? (3)
Kalimat pembuka suratKenalkan, namaku Doni. Aku tinggal di Surabaya. Aku seumuran denganmu. (4)
Isi suratAku membaca cerita tentang kamu di surat kabar. Aku sangat mengagumi mainan kardus buatanmu. Ternyata kita sama, kesulitan berbicara dan tidak punya banyak teman. Sayangnya, aku tidak seperti kamu. Aku pemalu. Setelah membaca kisahmu, aku ingin menjadi seperti kamu. Kamu hebat sekali, tetap semangat, meskipun banyak yang menyepelekanmu sebelumnya. Bisakah engkau mengajarkanku cara membuat mainan dari kardus? Aku ingin membuat model gajah dan jerapah. (5)
Kalimat penutupKuharap kamu mau menjadi temanku. Aku tunggu balasan darimu, ya! (6)
Salam penutup Salam, Teman barumu (7)

Doni Waluyo

Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, seluruh peserta didik yang berjumlah 24 orang antusias membuat surat pribadi.