Capaian  Pembelajaran IPAS

1. Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

1. Elemen Membaca

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....

    Tujuan pembelajaran hari ini  anak-anak Bu Guru dapat menjelaskan proses transfer energi antar makhluk hidup dan mengidentifikasi jenis majas.

IPAS
TRANSFER ENERGI ANTARMAKHLUK HIDUP













L      LATIHAN 

         1. Makhluk hidup yang memperoleh energi dari cahaya matahari dalam jaring-jaring makanan yaitu ....

A.      A. produsen        B. konsumen tingkat 1        C. konsumen tingkat 2        D. pengurai 

         2. Perhatikan gambar di bawah!

      Pada piramida makanan di atas, makhluk hidup yang menerima paling sedikit energi ditunjukkan oleh nomor....
      A. 1                  B. 2            C. 3            D. 4
              
       3.  Komponen rantai makanan berikut yang tidak terdapat pada piramida makanan yaitu .....

          A. produsen            B. konsumen tingkat 1            C. konsumen tingkat 2    D dekomposer 


        4.   Siswa kelas 5 melaksanakan percobaan agar lebih mudah memahami transfer energi pada jaring-jaring makanan. Berdasarkan gambar di atas, banyaknya batu pada toples yang berlabelkan konsumen 1 yaitu....
       A. 10                B. 12                C. 14          D. 15 
   
        5. Makhluk hidup mendapatkan energi dari makanan. Sebagian besar energi ini digunakan untuk ...
           A. tidur           B. bergerak            C. disimpan            D. diberikan kepada hewan lain
                 
BAHASA INDONESIA
  Bacalah teks berkut dengan saksama!

Anak-Anak Merapi
Langit masih semburat merah. Hawa dingin masih menggigit tulang. Yono, Panji, dan Ratna berjalan beriringan menuju sekolah. Mereka berangkat lebih pagi untuk tugas piket.

 “Semoga Merapinya baik-baik saja,” gumam Panji.

Anak-anak ini tinggal di lereng Gunung Merapi. Beberapa tahun lalu, wedus gembel menjadi buah bibir orang se-Indonesia. 

Wedus gembel membabi buta, menghanguskan apa saja yang dilaluinya. Seluruh penduduk desa harus mengungsi sampai kondisi membaik kembali. Wajar jika Panji memiliki harapan seperti itu.

“Kata bapakku, Gunung Merapi itu penting bagi kehidupan masyarakat di sini. Kalau Merapi akan meletus, kita sebaiknya menyingkir sebentar. Abu dan lava yang dikeluarkan itu baik untuk menyuburkan tanah,” Ratna angkat bicara. 

 “Iya,” imbuh Yono. “Buktinya, sekarang sawah dan kebun kita makin subur.”

 “Tapi kalau meletus lagi, menakutkan sekali. Gara-gara wedus gembel itu, Si Blendhung meninggal.” Mendung menyelimuti wajah Panji ketika dia teringat sapi kesayangannya.

Ratna dan Yono ikut sedih, tetapi tertawa mendengar Panji mengucapkan kata “meninggal” untuk sapinya. Mereka meminta Panji berlapang dada menerima kenyataan itu.

“Bekas aliran lava Merapi malah menjadi pemikat wisatawan,  ya. Pamanku sering mengantar mereka dengan jip,” ujar Yono.
Anak-Anak Merap
“Aku belum pernah naik jip. Kapan-kapan, ajak aku, ya?” Ratna memohon kepada Yono. Dia sedikit iri. Banyak wisatawan datang ke Merapi untuk bertualang naik jip menyusuri Gunung Merapi. Namun, dia sendiri belum pernah mencobanya.

“Nanti aku bilang pamanku. Biar kita bertiga diajak berkeliling Merapi naik jip,” janji Yono.

Ratna dan Panji bersorak. Panji sudah melupakan Si Blendhung gara-gara janji Yono.

“Kita terlambat!” Yono mengejutkan kedua temannya. 

Mendengar itu, mereka berlarian menuju sekolah.
Cerita oleh B.E. Priyanti

Berikut ini kalimat yang menggunakan majas metafora dalam teks “Anak-Anak Merapi”, tentukan artinya
 

NO

KALIMAT

JENIS MAJAS

ARTI SEBENARNYA


 

 

 

1

Beberapa tahun lalu, wedus gembel menjadi buah bibir orang-orang di Indonesia.

 

 

2

Wedus gembel membabi buta, menghanguskan apa saja yang dilaluinya.

 

 

3

“Abu dan lava yang dikeluarkan itu baik untuk menyuburkan tanah,” Ratna angkat bicara. 

 

 

4

Mereka meminta Panji berlapang dada menerima kenyataan itu.

 

 

5

Mendung menyelimuti wajah Panji ketika dia teringat sapi kesayangannya

 

 



     Demikian pembelajaran dari Bu guru
Wassalamu'alaikum wr wb 

KESIMPULAN : 
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, pseserta didik dapat menentukan produsen, konsumen tingkat 1, konsumen tingkat 2 dan lain-lain.