Hari / Tanggal : Rabu / 23 Oktober 2024
Fase/Kelas : C/5C
Mata Pelajaran :1. Matematika : Pecahan
2. Bahasa Indonesia : Ekspresi diri melalui hobi
Capaian Pembelajaran Matematika :
(Elemen Bilangan)
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma).
Tujuan Pembelajaran Matematika : Peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia : Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia : peserta didik dapat mengekspresikan diri melalui hobi
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia : Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.
Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia : peserta didik dapat mengekspresikan diri melalui hobi
Matematika
PENJUMLAHAN PECAHAN
Penjumlahan pecahan biasa dan campuran bisa dilakukan jika penyebutnya sama. Apabila penyebutnya berbeda, maka harus disamakan terlebih dahulu dengan mencari KPK dari penyebut-penyebutnya.
PENGURANGAN PECAHAN
Pengurangan pecahan biasa dan campuran, caranya sama seperti penjumlahan yaitu bisa dilakukan jika penyebutnya sama. Apabila penyebutnya berbeda, maka harus disamakan terlebih dahulu dengan mencari KPK dari penyebut-penyebutnya.
BAHASA INDONESIA
Imbuhan me-, - kan dan lah
Imbuhan Me
Imbuhan me- adalah awalan yang membentuk kata dasar menjadi kata kerja. Imbuhan me dapat berubah-ubah bentuknya sesuai dengan kata dasarnya, yaitu menjadi mem, men, meny, meng, dan menge. Fungsi utama awalan me adalah membentuk kata kerja baik transitif maupun intransitif.
Beberapa makna imbuhan me- adalah sebagai berikut.
a. Melakukan suatu pekerjaan
Contoh: membaca, melukis, menggambar, memasak, menulis
b. Membentuk atau menjadikan sesuatu
Contoh: membeku, mendidih, mengecil
c. Mengerjakan sesuatu dengan alat
Contoh: menggunting, mencangkul, memblender
Perhatikan bahwa terdapat penyesuaian jika kita menggabungkan kata dasar dan awalan me-.
- Imbuhan me- menjadi mem jika kata dasar dimulai dengan huruf p contoh me+pukul = memukul
- Imbuhan me- menjadi meng jika kata dasar dimulai dengan huruf k, g contoh me+kubur = mengubur dan me+gali = menggali.
- Imbuhan me- menjadi men jika kata dasar dimulai dengan huruf c contoh me+catat = mencatat.
- Imbuhan me- tidak berubah jika kata dasar dimulai dengan huruf m contoh me+makan = memakan.
- Imbuhan me- mengubah kata dasar dengan awalan t menjadi n jika mendapat imbuhan me- contoh me+tikung = menikung.
Latihan
Salinlah tabel ini pada buku kalian dan lanjutkan mengisinya. Nomor satu pada tabel dibuat sebagai contoh.
No. | Kata Berimbuhan me- | Kata Dasar | Makna |
---|---|---|---|
1. | memotong | potong | Melakukan suatu pekerjaan |
2. | menempel | Melakukan suatu pekerjaan | |
3. | menggambar | Melakukan suatu pekerjaan | |
4. | membuat | Melakukan suatu pekerjaan | |
5. | menjiplak | Melakukan suatu pekerjaan | |
6. | melihat | Melakukan suatu pekerjaan | |
7. | menarik | Melakukan suatu pekerjaan | |
8. | memotret | Mengerjakan sesuatu dengan alat |
Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik, masih ada 4 peserta didik yang masih kesulitan dalam menjumlahkan pecahan campuran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar