Kelas : IV B
Tema : Cita-Citaku
Subtema : Aku dan Cita-CitakuPembelajaran : 6
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPS
Hari / Tanggal : Senin / 10 Januari 2022
Assalamualaikum..
Selamaaaatt pagii...
Apa kabar semuaanya hari inii?
Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin..
Semangaaaatt pagi yaa, untuk mengawali awal pekan daring minggu kedua kita.
Jangan lupa sarapan yang bergizi, shalat dhuha dan Murojaah.
Selamat belajar...
Saatnya untukmu melakukan sesuatu untuk meraih cita-citamu. Setelah kamu memiliki cita-cita dan mimpi, kamu pasti tahu apa yang harus kamu lakukan. Jika kamu tidak melakukan apa-apa, mimpi itu tidak akan pernah terwujud.
Kamu telah banyak belajar tentang puisi dan menjelaskan maknanya. Pilihlah salah satu puisi yang ada pada kegiatan pembelajaran sebelumnya. Kamu juga dapat mengambil puisi dari majalah atau koran anak.
Ayo Mengamati!
Perhatikan contoh berikut ini.
1. Amatilah dengan cermat isi puisi pilihanmu dan pilihan temanmu ketika dibacakan di grup kelas.
2. Tuliskan isi puisi temanmu pada tabel yang kamu buat.
3. Siapkan tabel pengamatan seperti contoh berikut.
No | Nama | Judul Puisi | Isi Puisi |
1 | Budi | Negaraku Indonesia Karya: Ni Putu Eka Mira Dewi | Menggambarkan seorang anak yang bangga dengan negaranya dan mencoba bersikap nasionalisme terhadap sega yang mengusik bangsanya. |
2 | Wulan | Guruku Pahlawanku Karya: Cindy Agustin | Berisi ungkapan rasa terimakasih dari seorang murid kepada gurunya yang telah banyak memberikan ilmu. |
3 | Putra | Buku Karya: Erni Ristiatyanti | Isi puisi ini tentang manfaat buku. |
4 | Salma | Pesan dari Guru Karya: Dian Hartati | Berisi tentang syarat makna yang begitu mendalam pesan seorang guru kepada muridnya. |
Isi puisi menunjukkan makna puisi yang terkandung di dalamnya. Puisi merupakan karya sastra yang diungkapkan dengan bahasa yang indah. Kita dapat menuangkan curahan hati dan pikiran kita dalam sebuah puisi.
Sebuah lagu juga memiliki makna yang terkandung di dalamnya. Makna lagu tercermin dari isi syair lagunya. Makna lagu menentukan juga tempo yang digunakan untuk menyanyikan lagu tersebut.
- Bacalah syair lagu-lagu berikut!
- Diskusikan tempo lagu yang sesuai dengan syair lagu tersebut bersama anggota keluargamu!
- Diskusikan tempo lagu yang cocok dengan isi lagu tersebut.
- Buatlah daftar isi lagu dan tempo yang sesuai dengan isi syair lagu tersebut.(hanya contoh)
No. | Nama | Syair Lagu | Isi Lagu | Tempo Lagu |
---|---|---|---|---|
1. | Udin | Indonesia tanah air beta Pusaka abadi nan jaya Indonesia sejak dulu kala Tetap dipuja-puja bangsa | Indonesia merupakan negara yang kuat dan akan terus jaya untuk selamanya. | Moderato (sedang) |
2. | Edo | Waktu kukecil hidupku amatlah senang Senang dipangku-dipangku dipeluknya Serta dicium- cium dimanjakan Namanya kesayangan | Mengungkapkan rasa senang ketika kecil dahulu karena selalu disayang dan dimanja oleh ayah dan ibu. | Moderato (sedang agak cepat) |
3. | Dayu | Udara cerah berlangit biru Ingin aku bersenang-senang bersamamu Bernyanyi-nyanyi dan menari Di alam bebas dan segar seperti ini | Kegembiraan hati seorang anak dapat berkumpul, bernyanyi, dan menari di alam bebas bersama dengan teman-temannya | Allegro (cepat) |
4. | Lani | Ibu guru kami pandai bernyanyi Pandai bercerita asyik sekali Kami dibimbingnya dengan tulus hati Jadi orang berguna di kemudian hari | Ibu guru yang pandai bernyanyi dan bercerita serta membimbing kami agar menjadi orang berguna di kemudian hari | Adagio (lambat) |
5. | Siti | Ayo kawan kita bersama Menanam jagung di kebun kita Ambil cangkulmu ambil pangkurmu Kita bekerja tak jemu-jemu | Bersama-sama menananm jagung dengan peralatan seperti cangkul dan pangkur | Allegreto (agak cepat dan riang) |
Ayo Renungkan
TUGAS
Membaca dan memahami materi di atas.
Foto dan kirimkan kolase kegiatan hari ini pada guru kelasmu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar