CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI RUPA

1.      Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

Semoga anak-anak Bu Guru selalu dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat mengidentifikasi imbuhan Me- dan dapat mempraktikkan simpul pada karya seni makrame.

   Bahasa Indonesia 
   



   SENI RUPA
Mengenal Makrame 
Simaklah video berikut ini!




   Kerjakan soal Pilihan Ganda
     1. Makrame adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara...
  1. a. Memahat dan mengukir
    b. Menyatukan objek seperti manik-manik pada sebuah tali
    c. Menggunakan tali dengan dibuat simpul, dianyam, atau diikat
    d. Mengikat tali pada suatu objek
  2. Berikut ini adalah benda yang tidak bisa dihasilkan melalui teknik makrame adalah...
    a. Gelang
    b. Tempat pot gantung
    c. Tas
    d. Alat masak
  3. Kata makrame berasal dari bahasa Arab, yaitu 'mucaram', yang artinya...
    a. Hiasan
    b. Simpul tali
    c. Susunan kisi-kisi
    d. Anyaman
  4. Yang bukan merupakan bahan alami untuk membuat makrame adalah...
    a. Tali katun
    b. Tali nilon
    c. Tali rami
    d. Benang wol
  5. Simpul dasar yang sering digunakan dalam membuat makrame adalah...
    a. Simpul kepala (larks head knot)
    b. Simpul tunggal
    c. Simpul rantai
    d. Simpul atas bawah

Demikian pembelajaran hari ini
Wassalamualaikum wr wb

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, untuk mata pelajaran seni rupa seluruh peserta didik dapat mempraktikkan ikatan dan simpul dalam karya seni makrame.