Hari / Tanggal : Senin, 20 Oktober 2025
Fase / Kelas : C / 5 Saudah
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Penjumlahan Pecahan
2. Bahasa Indonesia : Mengekspresikan Diri Melalui Hobi
3. Seni Rupa : Karya Seni Makrame
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
3. Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
4. Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
1. Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
- Lukas mendapatkan 2 bagian dari 8 bagian martabak bisa dituliskan 2/8
- Komang mendapatkan 2 bagian dari8 bagian martabak bisa dituliskan 2/8
- Jadi, jumlah bagian yang diberikan kepada Lukas dan Komang adalah 2 dan 2 bagian, sehingga bxxisa ditulis 4/8
- Asep mendapatkan 2 buah dari 10 buah keseluruhan, bisa dituliskan 2/10
- Yohana mendapatkan3 buah dari10 buah keseluruhan, bisa dituliskan 3/10
- Jadi, jumlah penghapus yang diberikan kepada Asep dan Yohana adalah 2 + 3 = 5 buah dari jumlah keseluruhan (10 buah penghapus), ditulis 5/10
Jika ada dua pecahan berpenyebut sama, maka dapat dijumlahkan dengan cara menjumlahkan pembilangnya sedangkan penyebutnya tetap.
Jefri menghabiskan waktu luangnya dengan membuat karya dari kardus bekas
Alat dan bahan yang diperlukan adalah kardus bekas, kertas, pensil, gunting, dan lem.
Proses dimulai dari membuat pola pada kertas, lalu menjiplaknya di kardus. Kardus kemudian digunting. Hasil guntingan dirakit menjadi sebuah mainan dengan menggunakan lem.
Jefri menggunakan kardus bekas karena bahan tersebut banyak dan mudah ditemukan di garasi rumahnya.
Jefri membuat banyak mainan model hewan, kendaraan, dan rumahrumahan dari kardus bekas.
Mainannya menjadi terkenal saat seorang pengunjung memotret hasil karyanya dan memuatnya di media sosial.
- gagap = gangguan bicara
- jiplak = meniru pola
- model = contoh
- garasi = bagian rumah tempat menyimpan mobil
- tutorial = informasi praktis tentang cara membuat atau melakukan hal tertentu
- a. Memahat dan mengukir
b. Menyatukan objek seperti manik-manik pada sebuah tali
c. Menggunakan tali dengan dibuat simpul, dianyam, atau diikat
d. Mengikat tali pada suatu objek - Berikut ini adalah benda yang tidak bisa dihasilkan melalui teknik makrame adalah...
a. Gelang
b. Tempat pot gantung
c. Tas
d. Alat masak - Kata makrame berasal dari bahasa Arab, yaitu 'mucaram', yang artinya...
a. Hiasan
b. Simpul tali
c. Susunan kisi-kisi
d. Anyaman - Yang bukan merupakan bahan alami untuk membuat makrame adalah...
a. Tali katun
b. Tali nilon
c. Tali rami
d. Benang wol - Simpul dasar yang sering digunakan dalam membuat makrame adalah...
a. Simpul kepala (larks head knot)
b. Simpul tunggal
c. Simpul rantai
d. Simpul atas bawah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar