Hari / Tanggal : Senin, 24 November 2025
Fase / Kelas : C / 5 Saudah
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Mengubah Pecahan ke berbagai Bentuk
2. Bahasa Indonesia : Membuat Surat
3.Seni Rupa : Karya Seni Anyaman
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat mengubah pecahan ke berbagai bentuk pecahan lainnya dan menidentifikasi surat pribadi.
Matematika
Mengubah Pecahan
ke Berbagai Bentuk Pecahan Lainnya
- Tujuan: Menyampaikan hal-hal personal, seperti kabar terbaru, perasaan, atau cerita pribadi.
- Bahasa: Menggunakan bahasa yang tidak resmi, santai, dan lebih luwes. Namun, tetap harus memperhatikan etika dan kesopanan, terutama saat ditujukan kepada orang yang lebih tua.
- Format: Tidak terikat pada peraturan baku seperti surat dinas. Formatnya lebih bebas dan bisa disesuaikan dengan keinginan penulis.
- Struktur: Biasanya meliputi tanggal surat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan tanda tangan serta nama pengirim.
- Untuk teman: Berbagi kabar baik, menceritakan kejadian seru, atau sekadar menyapa.
- Untuk keluarga: Memberi kabar tentang kegiatan di perantauan, menceritakan pengalaman, atau meminta dukungan dan doa.
- Untuk guru: Meminta izin tidak masuk sekolah karena suatu hal, seperti yang dijelaskan
- Manakah ciri-ciri yang benar untuk surat pribadi?
- a. Menggunakan bahasa baku.
- b. Tidak memiliki kop surat.
- c. Menggunakan nomor surat.
- d. Sapaan pembuka dan penutup bersifat formal.
- Surat yang dikirim untuk keluarga dan teman termasuk jenis surat pribadi kekeluargaan. Benar atau salah?
- a. Benar.
- b. Salah.
- Bagian manakah yang tidak ada dalam surat pribadi?
- a. Tanggal.
- b. Kop surat.
- c. Alamat penerima.
- d. Salam penutup.
- Bahasa yang umum digunakan dalam surat pribadi adalah...
- a. Bahasa baku.
- b. Bahasa tidak baku dan santai.
- c. Bahasa resmi dan formal.
- d. Bahasa yang kaku.
- Berikut ini yang merupakan contoh salam pembuka dalam surat pribadi adalah...
- a. Dengan hormat,.
- b. Kepada Yth.,.
- c. Hai, apa kabar?.
- d. Bersama surat ini
- Alat potong, Cutter, Gunting, Pisau, alat khusus di daerah tertentu, dan lain-lain.
- Siswa dipersilahkan menggunakan alat khusus yang tersedia di daerah sekitar.
- Bahan alam: seperti bambu, rotan, eceng gondok, daun kelapa, daun lontar, dan daun pandan, jerami, dan lain-lain.
- Bahan buatan : seperti kertas dan serat plastik, aneka jenis pita,Kain Flanel.
- Bahan pewarna: cat, pigmen, pewarna alam, dan lain-lain.
- Bahan hiasan tambahan sesuai keinginan.
- Siapkan bahan-bahan anyaan, baik bahan alam maupun buatan;
- Buatlah berjajar beberapa “pakan” untuk memulai menganyam dan kemudian masukkan “lungsi” pada pakan tersebut dengan selisin dua ruas bergantian, dan buatlah jeda satu ruas antara “lungsi” tersebut (Sesuai gambar);
- Rapatkan antara "pakan” dengan “pakan” yang lain begitu juga merapatkan “lungsi” dengan “lungsi” yang lian sapai terlihat rapi dan kuat;
- Tambahkah bahan “pakan” dan “lungsi” sampai sesuai lebar yang diinginkandengan tetap urutkan sesuai pola anyaman tersebuat, dapat juga menambahkan variasi anyaman dengan kombinasi sehingga menghasilkan karya yang lebihmenarik;
- Rapikan hasil karya anyaman yang telah selesai pada bagian tepi selain untuk memperkuat susunan anyaman juga untuk merapikan hasil karya anyaman;



Tidak ada komentar:
Posting Komentar