CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA

1.      Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat menentukan unsur intrinsik cerita fiksi dan menjelaskan prinsip seni rupa 
   
  Bahasa Indonesia
                           
     
Unsur intrinsik cerita adalah bagian-bagian atau elemen-elemen yang membangun dan menyusun sebuah cerita dari dalam, mencakup tujuh unsur utama: tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa. 
Berikut adalah penjelasan dari masing-masing unsur: 
  1. 1. Tema: 
    Gagasan pokok atau pesan utama yang menjadi dasar sebuah cerita. 
  2. 2. Tokoh dan Penokohan: 
    Tokoh adalah karakter dalam cerita, sedangkan penokohan adalah cara pengarang menampilkan karakter dan sifat-sifat tokoh tersebut. 
  3. 3. Alur (Plot): 
    Rangkaian peristiwa atau jalannya cerita dari awal hingga akhir, yang bisa berupa alur maju, mundur, atau campuran. 
  4. 4. Latar (Setting): 
    Latar tempat, waktu, dan suasana yang melatari terjadinya peristiwa dalam cerita. 
  5. 5. Sudut Pandang (Point of View): 
    Cara pandang pengarang dalam menyampaikan cerita kepada pembaca, misalnya sebagai orang pertama (aku) atau orang ketiga (dia/mereka). 
  6. 6. Amanat: 
    Pesan atau nasihat yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca melalui cerita. 
  Tugas
 Ambillah sebuah buku cerita fiksi lalu tentukan judul dan unsur-unsur instrinsik cerita tersebut!

Seni Rupa
Berikut penjelasan tentang prinsip seni rupa .....simaklah video berikut!


Prinsip ritme dalam seni rupa merujuk pada pengulangan unsur-unsur visual secara teratur untuk menciptakan kesan gerakan dan irama dalam karya seniRitme dapat dicapai melalui berbagai cara, seperti pengulangan bentuk, garis, warna, atau tekstur, yang dapat teratur maupun tidak teratur. Pengulangan ini membantu menciptakan kesan visual yang dinamis, mengarahkan perhatian penikmat seni, dan memberikan kesan kedalaman serta perspektif. 


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

Wassalamualaikum wr wb

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, untuk mata pelajaran seni rupa ada 1 dari 26 peserta didik belum dapat menyebutkan alat dan media yang digunakan untuk menggambar ritme.