Hari / Tanggal : Rabu, 13 Agustus 2025
Fase / Kelas : C / 5
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Bilangan Cacah sampai 100.000
2. Bahasa Indonesia : Aku yang Unik
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
8) 92.372 – 26.625 = ….
9) 83.221 – 12.302 = ….
b. Penjelasan tentang langkah-langkah membuat sesuatu
c. Penggambaran suatu objek secara jelas dan terperinci, sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal yang sama, seperti yang ditulis
d. Urutan kejadian dalam sebuah peristiwa
b. Memaparkan objek secara subjektif dan konkret.
c. Memberikan gambaran yang membuat pembaca ikut merasakan apa yang dideskripsikan
d. Berupa dialog antar tokoh cerita
b. Peristiwa gerhana matahari
c. Gunung Bromo
d. Teks berita
b. Pengenalan (identifikasi), deskripsi, dan kesimpulan
c. Pembukaan, isi, dan penutup
d. Latar, tokoh, dan alur
b. Ciri fisik objek
c. Langkah-langkah tindakan
d. Perasaan tokoh utama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar