1. Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya. 

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN  PANCASILA

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat menjelaskan proses siklus air, dan dapat menerapkan nilai Pancasila di lingkungan masyarakat 

IPAS

Menganalisa tindakan manusia yang berdampak positif dan negatif terhadap keberlangsungan siklus air di bumi 

        

1. Mengapa penebangan hutan secara liar dapat mengganggu siklus air?
a. Menyebabkan polusi udara dan air.
b. Meningkatkan proses penguapan air.
c. Mengurangi kemampuan tanah menyerap air.
d. Menyebabkan kekeringan pada musim hujan. 

2Apa dampak dari pembangunan jalan atau perumahan yang menutupi permukaan tanah dengan aspal dan beton?
a. Meningkatkan ketersediaan air tanah.
b. Mempercepat proses penguapan air.
c. Mengurangi daerah resapan air.
d. Membantu membersihkan air limbah.

3. .Pembuangan limbah industri dan sampah ke sungai dapat mengganggu siklus air karena...
a. Mempercepat proses kondensasi.
b. Menghambat proses penguapan air.
c. Membuat air menjadi lebih jernih.
d. Meningkatkan jumlah air di sungai. 

4.  Kegiatan berikut yang dapat membantu menjaga kelestarian siklus air adalah...
a. Menggunakan air secara berlebihan.
b. Melakukan pembangunan di daerah resapan.
c. Menanam kembali hutan yang gundul (reboisasi).
d. Membuang sampah dan limbah ke sungai. 


Pendidikan Pancasila 

    Nilai-nilai Pancasila di lingkungan masyarakat tercermin dalam perilaku seperti menghormati kebebasan beribadah, bekerja sama antaragama, menjaga kerukunan sosial, menjunjung tinggi keadilan dan demokrasi dalam musyawarah, serta mengamalkan nilai-nilai gotong royong untuk kepentingan bersamaPenerapan nilai-nilai ini penting untuk menjaga persatuan bangsa dan mencegah perpecahan di tengah keberagaman Indonesia. 

Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan
Dengan baik dan lancar, untuk mata pelajaran 
Pendidikan pancasila dari 26 ada 6 peserta didik
Masih kesulitan membedakan nilai-nilai dari
Sila ke 2 dan ke 5.