Hari / Tanggal :  Rabu, 26 November 2025

Fase / Kelas : C / 5 Saudah

Muatan  Pembelajaran :  

1.Matematika : Rasio

2. Bahasa Indonesia : idiom


Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.


Apa kabar anak sholih sholihah.........

Semoga anak-anak Bu Guru selalu dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat menghitung rasio, dan menjelaskan arti idiom.

Matematika 
Rasio


    Rasio dalam matematika kelas 5 SD adalah perbandingan antara dua besaran yang sejenis, yang dapat ditulis dengan notasi titik dua (:), atau dalam bentuk pecahan (
). Siswa belajar cara menyatakan hubungan antara dua kelompok benda, seperti rasio siswa laki-laki dan perempuan, dan menyederhanakan rasio tersebut. 
Konsep dasar rasio 
  • Definisi: Rasio adalah perbandingan dua angka atau lebih, yang menunjukkan seberapa besar suatu besaran dibandingkan dengan besaran lain.
  • Contoh: Jika ada 16 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan, rasio laki-laki terhadap perempuan adalah 
    .
     
Menyederhanakan rasio 
  • Untuk menyederhanakan rasio, bagilah kedua angka dengan faktor persekutuan terbesar mereka.
  • Pada contoh di atas, 
     dan 
     sama-sama bisa dibagi dengan 
    .
  •  dan 
    .
  • Jadi, rasio sederhananya adalah 
    .
     
Cara menulis rasio 
  • Notasi titik dua
    .
  • Notasi pecahan
    .
  • Notasi kata: "16 berbanding 20". 

Latihan 

Bahasa Indonesia
Idiom


Contoh Idiom dan Artinya
  • Tinggi hati: Sombong
  • Rendah hati: Tidak sombong
  • Mental baja: Tegar; pantang menyerah
  • Gulung tikar: Bangkrut
  • Banting tulang: Bekerja keras
  • Naik daun: Terkenal
  • Panjang tangan: Suka mencuri
  • Kembang desa: Gadis tercantik
  • Adu mulut: Berdebat
  • Kepala dingin: Tenang dan sabar
  • Gigit jari: Kecewa
  • Mata keranjang: Suka menggoda wanita 

Latihan 
Perhatikan grafik buah favorit di Desa Sukamaju! (Untuk menjawab soal nomor 1 dan 2)
Soal No.1
Dito ingin berjualan buah di Desa Sukamaju. Buah yang paling laris jika dijual oleh Dito di sana yaitu ...
A. apel
B. jeruk
C. anggur
D. alpukat

Soal No.2
Ririn berkeinginan menjadi penjual jus buah di Desa Sukamaju. Dua jenis buah yang sebaiknya dijual oleh Ririn agar usahanya sukses yaitu ....
A. apel dan jeruk
B. jeruk dan anggur
C. anggur dan alpukat
D. alpukat dan apel

Perhatikan cerita berikut! (Untuk menjawab soal nomor 3 - 5)
Sukses Menjadi Pengusaha Muda

Victor Giovan Raihan merupakan seorang pemuda usia 18 tahun yang berasal dari kota Malang. Dia sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di usaha kuliner. Produk minumannya yang diberi nama "Teh Kempot" banyak diminati masyarakat. Kata “Kempot” digunakan Victor karena terinspirasi dari cara orang saat minum teh menggunakan sedotan. Bila sedang haus, konsumen akan menyedot sampai pipinya kempot.

Usaha kuliner Victor berawal dari keisengannya meracik teh yang dicampur dengan susu fermentasi. Ternyata hasilnya enak dan disukai oleh teman-temannya. Masyarakat sekitar juga memberikan respon yang positif. Mulailah Victor fokus dan menekuni usahanya agar lebih berkembang. Mulai dari meracik, menata toko, hingga merancang kemasan.

Orang tua Victor mendukung penuh anaknya untuk berbisnis. Mereka percaya apabila Victor membuka usaha sendiri, maka dia akan belajar mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Sejauh ini terdapat 10 toko yang dikelola oleh Victor dan 17 toko hasil kerja sama dengan mitra. Ada banyak pilihan rasa yang ditawarkan dari minuman racikan Victor, ada rasa strowberi, rasa cokelat, juga ada rasa lemon.

Sumber : https://www.maxmanroe.com/victor-giovan-raihan.html

Soal No.3
Nama produk minuman yang dijual oleh Victor Giovan Raihan yaitu ....
A. Teh Tarik
B. Teh Kempot
C. Teh Susu
D. Teh Yogurt

Soal No.4
Produk minuman yang diracik oleh Victor sangat disukai oleh teman-temannya. Cara Victor mendapatkan racikan minuman tersebut yaitu ....
A. membaca buku-buku tentang pencampuran teh
B. mengikuti pelatihan meracik minuman olahan teh
C. keisengan mencapur teh dengan susu fermentasi
D. resep keluarga dengan mencampur teh dengan susu

Soal No.5
Nama produk minuman Victor sangat unik. Nama tersebut terinspirasi dari....
A. orang yang minum teh dicampur susu
B. orang yang minum teh dengan gelas
C. orang yang minum teh dengan sedotan
D. orang yang minum teh tanpa gula

Soal No.6
Perhatikan paragraf berikut!

Sebagai penjual bakso, Tono selalu menggunakan daging ayam yang berkualitas. Bakso yang dibuat pun tidak memakai bahan-bahan kimia berbahaya seperti zat pengawet maupun zat pewarna. Dengan begitu, manfaat dan kandungan bakso baik bagi kesehatan para penikmatnya. Kepercayaan pembeli adalah yang utama dalam usahanya

Gagasan pokok paragraf di atas yaitu....
A. bahan pembuatan bakso
B. cara menjaga kepercayaan pembeli
C. manfaat bakso bagi kesehatan
D. tidak menggunakan zat kimia berbahaya

Soal No.7
Perhatikan paragraf berikut!

Tiyas telah meraih impian masa kecilnya. Sekarang dia sudah memiliki beberapa cabang toko roti sendiri. Bahkan, Tiyas menyediakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Terhitung omzet dari penjualan rotinya setiap bulan mencapai ratusan juta. Meskipun sudah sukses, Tiyas tetap rendah hati. Orang tua Tiyas begitu bangga dengan usaha yang dilakukan putrinya.

Gagasan pokok paragraf di atas yaitu....
A. memiliki banyak cabang toko roti
B. tetap rendah hati meskipun sudah sukses
C. keberhasilan meraih impian masa kecil
D. akan mencapai cita-cita masa kecil

Soal No.8
Perhatikan paragraf berikut!

Mencari tahu apa yang diinginkan orang lain menjadi penting apabila ingin berwirausaha. Hal itulah yang menjadi acuan untuk membuat produk yang akan dijual. Bekerja keras dan pantang menyerah menjadi keharusan. Kerja sama dan komunikasi yang baik dengan tim harus tetap dijaga. Itulah hal-hal yang harus diperhatikan apabila ingin menjadi pengusaha sukses.

Gagasan pokok paragraf di atas yaitu....
A. cara menjadi pengusaha sukses
B. membuat produk yang diinginkan orang
C. komunikasi yang baik perlu dijaga
D. pengusaha harus kerja keras

Soal No.9
Dani ingin mengetahui cara memasak bebek panggang. Dani harus mewawancarai ....
A. barista
B. kasir
C. koki
D. pelayan

Soal No.10
Perhatikan pernyataan berikut!
  1. Menentukan waktu dan tempat pertemuan
  2. Catat jawaban yang diberikan narasumber 
  3. Menyiapkan daftar pertanyaan
  4. Ajukan pertanyaan dengan sopan dan jelas 
Kegiatan yang dilakukan ketika sedang melaksanakan wawancara yaitu nomor....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 2 dan 3
D. 1 dan 4

Soal No.11
Produksi keripik singkong harus ditingkatkan. Kami sudah membangun 2 pabrik baru yang berlokasi di kota Denpasar. Tidak lupa juga kami menyewa jasa pemasaran agar keripik singkong kami habis terjual.

Pertanyaan berikut yang sesuai dengan jawaban di atas yaitu....
A. Mengapa memilih membuka usaha keripik singkong?
B. Bagaimana cara meningkatkan laba penjualan keripik singkong?
C. Siapa yang menjalankan bisnis keripik singkong?.
D. Kapan usaha keripik singkong dijalankan?

Soal No.12
Saya sangat suka makan ikan. Ikan mengandung protein yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan. Saya ingin masyarakat menyadari hal tersebut dan mulai membiasakan diri makan ikan.

Pertanyaan berikut yang sesuai dengan jawaban di atas yaitu....
A. Apa jenis usaha yang dijalankan?
B. Berapa modal yang diperlukan untuk memulai usaha?
C. Mengapa memilih usaha ini?
D. Kapan memulai usaha ini?

Soal No.13
Kata tanya yang berfungsi untuk menanyakan alasan yaitu. . .
A. mengapa
B. bagaimana
C. apa
D. di mana

Soal No.14
Berikut ini pertanyaan untuk menanyakan waktu yaitu ....
A. apa nama usaha yang dijalankan?
B. siapa yang menjalankan usaha tersebut?
C. mengapa memilih membuka usaha katering?
D. kapan usaha tersebut didirikan?

Soal No.15
Dio dikenal sebagai anak yang rendah hati di sekolah.
Rendah hati artinya. . .

A. sombong
B. tidak sombong
C. sabar
D. tidak sabar


Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah.
Wassalamualaikum wr wb