Hari / Tanggal : Selasa, 19 November 2024
Fase / Kelas : C / 5C
Muatan Pembelajaran : IPAS, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila
Media pembelajaran : video, gambar benda elektronik
Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim
CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:
Elemen Menulis
Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengidentifikasi sumber energi listrik dan perubahan ernergi listrik, menentukan ide pokok dalam teks, serta mengidentifikasi perbedaan hak dan kewajiban.
IPAS
Enenrgi Listrik
Setelah menyimak tayangan video di atas kerjakan soal latihan berikut!
Ayo Berlatih
Pilihlah huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
A. spion
B. aki
C. gardu
D. roda
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Zaki ditugaskan oleh Ibu guru untuk menuliskan sumber energi listrik. Agar tugas Zaki benar, maka dia harus menulis nomor . . . .
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
A. elektron
B. neutron
C. proton
D. ozon
A. emas
B. besi
C. tembaga
D. plastik
A. gerak
B. cahaya
C. bunyi
D. panas
A. gerak
B. panas
C. bunyi
D. cahaya
A. mati (padam)
B. menyala lebih redup
C. menyala lebih terang
D. menyala seperti dengan 1 baterai
A. menyala seperti semula
B. menyala lebih terang
C. menyala lebih redup
D. mati (padam)
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
A. pompa air
B. kompor listrik
C. laptop
D. kulkas
A. gardu
B. sakelar
C. stop kontak
D. sekering
A. menyalurkan listrik dari sakelar
B. menyalurkan listrik dari pembangkit listrik
C. menyimpan listrik dari sakelar
D. menyimpan listrik dari pembangkit listrik
A. PLTU
B. PLTA
C. PLTS
D. PLTG
A. PLTG
B. PLTU
C. PLTS
D. PLTA
A. air
B. besi
C. solar
D. batu bara
A. air
B. angin
C. cahaya matahari
D. panas bumi
1) oven
2) radio
3) blender
4) rice cooker
Benda-benda yang mengubah energi listrik menjadi energi panas ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
A. solar
B. udara
C. minyak bumi
D. batu bara
Soal No.1
Perhatikan benda berikut!- lemari
- bolpoin
- parfum
- blender
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
Soal No.2
Sepeda motor Pak Anton dapat menyala dan memancarkan cahaya karena mendapatkan energi listrik dari ....A. spion
B. aki
C. gardu
D. roda
Soal No.3
Perhatikan gambar di bawah!Tino bersama teman-temannya membuat rangkaian listrik seperti gambar di atas. Bagian rangkaian tersebut yang dapat memutuskan dan menyambungkan aliran listrik yaitu ....A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Soal No.4
Perhatikan tabel berikut!No | Pilihan |
---|---|
1 | roda |
2 | aki |
3 | kabel |
4 | baterai |
5 | PLN |
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 3
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
Soal No.5
Energi listrik merupakan energi yang berasal dari pergerakan benda yang sangat kecil yang disebut . . . .A. elektron
B. neutron
C. proton
D. ozon
Soal No.6
Diana membeli kabel listrik di toko. Kemudian dia mengelupas bagian luar kabel yang berwarna hitam sehingga terlihat bagian dalam kabel yang terbuat dari ....A. emas
B. besi
C. tembaga
D. plastik
Soal No.7
Perhatikan gambar di bawah!Benda pada gambar di atas dapat mengubah energi listrik menjadi energi....A. gerak
B. cahaya
C. bunyi
D. panas
Soal No.8
Perhatikan gambar di bawah!Benda pada gambar di atas dapat kita lihat pada suatu ruangan. Fungsinya agar orang yang berada dalam ruangan tidak kepanasan. Benda tersebut dapat mengubah energi listrik menjadi energi ....A. gerak
B. panas
C. bunyi
D. cahaya
Soal No.9
Dwita membuat rangkaian listrik sederhana dengan menggunakan 2 lampu, kabel, dan 1 baterai. Lampu dapat menyala pada rangkaian tersebut. Kemudian Dwita menambahkan 1 baterai lagi, maka lampu akan ....A. mati (padam)
B. menyala lebih redup
C. menyala lebih terang
D. menyala seperti dengan 1 baterai
Soal No.10
Adit memasang baterai pada senter sehingga senter dapat menyala. Tiba-tiba Adit melepas baterai lalu memasangnya secara terbalik pada senter, maka senter tersebut akan. . . .A. menyala seperti semula
B. menyala lebih terang
C. menyala lebih redup
D. mati (padam)
Soal No.11
Perhatikan gambar di bawah!Benda di atas yang dapat berfungsi dengan menggunakan sumber listrik arus searah (DC) ditunjukkan oleh nomor...A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Soal No.12
Salah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengubah sumber arus listrik dua arah menjadi sumber arus listrik searah yaitu....A. pompa air
B. kompor listrik
C. laptop
D. kulkas
Soal No.13
Perhatikan gambar di bawah!Benda di atas terhubung dengan kabel milik PLN sehingga energi listrik dapat diperoleh masyarakat. Benda di atas disebut...A. gardu
B. sakelar
C. stop kontak
D. sekering
Soal No.14
Perhatikan gambar di bawah!Fungsi benda pada gambar di atas yaitu ...A. menyalurkan listrik dari sakelar
B. menyalurkan listrik dari pembangkit listrik
C. menyimpan listrik dari sakelar
D. menyimpan listrik dari pembangkit listrik
Soal No.15
Pembangkit listrik yang memanfaatkan air waduk yaitu ....A. PLTU
B. PLTA
C. PLTS
D. PLTG
Soal No.16
Made berasal dari Kabupaten Bangli Provinsi Bali. Dia melihat banyak panel surya di kebun milik kakeknya. Alat yang dilihat Made digunakan untuk ....A. PLTG
B. PLTU
C. PLTS
D. PLTA
Soal No.17
PLTU memanfaatkan hasil pemanasan ketel uap yang dapat memutar turbin. Bahan bakar yang digunakan yaitu ....A. air
B. besi
C. solar
D. batu bara
Soal No.18
Perhatikan gambar di bawah!Pembangkit listrik pada gambar di atas memanfaatkan ....A. air
B. angin
C. cahaya matahari
D. panas bumi
Soal No.19
Perhatikan pernyataan berikut!1) oven
2) radio
3) blender
4) rice cooker
Benda-benda yang mengubah energi listrik menjadi energi panas ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4
Soal No.20
Perhatikan gambar di bawah!Pembangkit listrik di atas memanfaatkan bahan bakar ....A. solar
B. udara
C. minyak bumi
D. batu bara
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
Sebuah teks dapat terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki ide pokok.Ide pokok adalah gagasan utama tentang isi teks. Dengan mengetahui ide pokok, kita dapat lebih mudah untuk memahami maksud dari isi teks. Di mana letak ide pokok pada sebuah paragraf? Bagaimana cara menentukan ide pokok?
Ide pokok dapat tersurat pada kalimat awal atau kalimat akhir sebuah paragraf.Ide pokok juga dapat tersirat pada keseluruhan isi sebuah paragraf. Hal paling penting dalam menentukan ide pokok adalah membaca terlebih dahulu teks yang dimaksud, lalu tentukan apa inti dari teks tersebut.
Mari kita amati isi paragraf 1 dari teks “Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusahaan”.
Pada mulanya, Nadya Hersa Ursulla Permana hanya seorang gadis yang menyukai susu karena segudang manfaatnya bagi kesehatan. Setelah remaja, dia mulai menjajaki bisnis susu kemasan. Nadya ingin mengenalkan minuman susu kepada masyarakat.
Ide pokok dari paragraf ini adalah informasi singkat tentang pengusaha (Nadya Hersa Ursulla Permana) dan usaha yang dijalankannya (minuman susu).
Sekarang, bacalah kembali teks “Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusahaan” dan tentukan ide pokok setiap paragraf.
Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusahaan
Pada mulanya, Nadya Hersa Ursulla Permana hanya seorang gadis yang menyukai susu karena segudang manfaatnya bagi kesehatan. Setelah remaja, dia mulai menjajaki bisnis susu kemasan. Nadya ingin mengenalkan minuman susu kepada masyarakat.
Untuk menyalurkan keinginannya itu, Nadya mengajak dua temannya, Toga Christovel dan Siti Hani Kusmiati. Mereka mulai memasarkan susu pada tahun 2016 dengan modal kecil dan nama dagang Klinik Susu. Nadya dan kedua temannya harus berjuang untuk memasarkan produknya. Nadya termasuk orang yang bermental baja. Dia rela mengangkat sendiri produknya dari satu tempat ke tempat lain. Bahkan, dia menjadi pedagang asongan di acara-acara publik agar produk susunya dikenali masyarakat. Keluarganya sampai menentangnya karena kasihan melihatnya banting tulang seperti itu.
Kini, Nadya sudah meraih apa yang dicita-citakannya. Perusahaannya yang bernama Klinik Susu (KS) Group sudah dikenal masyarakat. Omzet perusahaannya mencapai ratusan juta rupiah per bulan. Usahanya yang sedang naik daun ini juga memberikan peluang kerja kepada banyak orang. Meskipun sudah sukses, Nadya tetap rendah hati. Menurutnya, capaian yang berhasil diraihnya adalah berkat dukungan keluarga dan kerja sama tim di perusahaan.
Sebagai pengusaha, Nadya selalu serius dalam mempertahankan kemasan dan standar susunya. Susu kemasan produksinya tidak memakai bahan campuran lainnya. Dengan begitu, manfaat dan kandungan susu yang baik bagi kesehatan akan selalu terjaga. Kepercayaan masyarakat adalah yang terpenting dalam usahanya.
Setelah sukses dengan produk susu, Nadya memproduksi yoghurt dan keripik. Saat ini dia berharap bisa mengembangkan bisnis di bidang lainnya. Nadya juga selalu bersiap untuk risiko dan tantangan di masa depan. Risiko terbesar suatu usaha adalah gulung tikar. Namun, Nadya memandang semua tantangan itu adalah jalan yang harus dilaluinya untuk mencapai kesuksesan. Seperti kata pepatah, komitmen dan kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.
No. | Ide Pokok |
---|---|
1. | Informasi singkat tentang pengusaha dan usaha yang dijalankannya. |
2. | Cara pengusaha memasarkan usahanya. |
3. | Kesuksesan perusahaan Nadya hingga bisa dikenal masyarakat. |
4. | Cara pengusaha mempertahankan produk usahanya. |
5. | Pengembangan produk usaha selain produk utama yang sudah dirintis. |
Bahas Bahasa
Idiom
Perhatikan kata-kata bercetak tebal pada teks “Dari Pedagang Asongan hingga Pemilik Perusahaan”.
Kata-kata tersebut adalah idiom. Idiom adalah gabungan kata-kata yang membentuk makna baru. Idiom digunakan sebagai ungkapan.
Contoh idiom:
Ia dikenal sebagai orang yang tinggi hati di kampungnya. Tinggi hati : sombong.
Pasangkan idiom dari teks dengan maknanya.
Bagaimana cara kalian memutuskan makna idiom di atas? Pilihlah jawaban sesuai dengan pengalaman belajar kalian.
• Menebak acak
• Menebak dengan membayangkan makna dari kata
• Menebak dengan membaca kalimat pada wacana
• Sebelumnya sudah tahu maknanya.
Pendidikan Pancasila
Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Peserta didik dapat memahami perbedaan hak dan kewajiban, namun masih ada 3 peserta didik yang masih kesulitan untuk membedakan antara hak dan kewajiban.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar