CP Matematika

Elemen : Pengukuran
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA :
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.


CP PANCASILA :
mengenal wilayahnya dalam konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah dan sekitar sebagai wujud bela negara.


Assalamualaikum wr.wb.

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat mengkonversi satuan waktu, berpidato di depan teman, dan memahami makna persatuan

Matematika

  • 1 menit = 60 detik
  • 1 jam = 60 menit
  • 1 jam = 3.600 detik
  • 1 hari = 24 jam
  • 1 pekan = 7 hari
  • 1 bulan = 4 pekan
  • 1 bulan = 28/29/30/31 hari

Selain satuan waktu di atas, terdapat beberapa satuan waktu lain yang sering digunakan, yaitu:

  • 1 tahun = 12 bulan
  • 1 tahun = 52 pekan
  • 1 tahun = 365 atau 366 hari
  • 1 windu = 8 tahun
  • 1 dekade atau dasawarsa = 10 tahun
  • 1 abad = 100 tahun

Kerjakan soal berikut!

1. Jika sekarang pukul 11.00 maka tujuh jam kemudian adalah pukul… 

  1. 16.00
  2. 17.00
  3. 18.00
  4. 19.00

2)   3 dasawarsa + 2 windu - 4 tahun = … tahun

         A. 1 tahun           B. 26 tahun          C. 42 tahun         D. 46 tahun


3)  2,5 abad = … dekade

     A. 2,5             B. 25                  C. 250                             D. 25.000


4)   2 ½ jam apabila dinyatakan dalam menit adalah… 

     A. 60 menit            B. 120 menit            C. 125 menit        D. 150 menit


5)  Elsa belajar di sekolah dari pukul 07.00 dan berakhir pukul 12.40. Jika selama belajar ia beristirahat 20 menit, maka Elsa belajar selama… menit. 

   A. 4 jam 10 menit        B. 5 jam 20 menit        C. 5 jam 15 menit    D. 4 jam 20 menit


BAHASA INDONESIA 

PIDATO



KERJAKAN SOAL BERIKUT!

1. Perhatikan struktur penulisan pidato berikut!
  1. Akibat Perundungan
  2. Latar Belakang
  3. Ajakan Menghentikan Perundungan
  4. Sebab Perundungan
Windu akan membuat teks pidato yang bertemakan "Perundungan". Berikut ini urutan struktur penulisan pidato yang seharusnya dibuat oleh Windu yaitu. . .
A. 4, 2, 1, 3
B. 4, 1, 2, 3
C. 2, 1, 4, 3
D. 2, 4, 1, 3

2. Pidato merupakan kegiatan berbicara untuk mengungkapkan pikiran di depan orang banyak. Pada pembukaan pidato sebaiknya kita menyampaikan. . .
A. isi materi
B. maksud pidato
C. saran dan kritik
D. penyebab masalah

3. Perhatikan penggalan pidato berikut!

Pada kesempatan kali ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena hanya Tuhan yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya semua sehingga kita bisa berjumpa pada siang hari ini.

Selain ucapan rasa syukur, ucapan di atas merupakan…
a. Puji-pujian untuk Tuhan
b. Tujuan berpidato
c. Terimakasih kepada tuan rumah
d. Undangan kepada setiap orang

4. Sebelum membacakan naskah pidato atau berpidato, hal yang terlebih dahulu kita lakukan adalah ...

A. memahami pokok-pokok isi pidato

B. mencari buku panduan pidato

C. menghafalkan naskah pidato

D. menentukan topik pidato



5. Tiga bagian utama dalam pidato, yakni ...


     A. Pembuka,isi,akhir                 B. Pembuka,isian,pejelas        

     C. Pembuka,isi,penutup            D. Pembuka,inti,utama



Demikian pembelajaran hari ini, Bu guru akhiri

Wassalamualaikum wr wb


Kesimpulan:

Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, Untu mata pelajaran matematika, dari 24 peserta didik, ada 2 peserta didik yang masih kesulitan dalam merubah satuan waktu.