Hari / Tanggal : Senin, 28 Juli 2025

Fase / Kelas : C / 5 

Muatan  Pembelajaran :  

1. Matematika : Membandingkan & Mengurutkan Bilangan Cacah sampai 100.000

2. Bahasa Indonesia : Kata Sifat

3. Seni Budaya : Mengenal Unsur Seni Rupa


Capaian  Pembelajaran Matematika

Elemen Bilangan

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA

1.      Elemen Mengalami

Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.  Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 100.000, mengidentifikasi kata sifat dan  dapat mengidentifikasi tiga unsur seni rupa yang terdapat dalam objek di lingkungan sekitar. 
   
Matematika

Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Cacah
                                                 


   Bahasa Indonesia
   Menggunakan Kamus 

Ayo berlatih 
    



Seni Budaya
Unsur Seni Rupa
Unsur-unsur Seni Rupa:
  • Titik: Unsur seni rupa paling dasar yang merupakan noktah atau tanda kecil. 
  • Garis: Terbentuk dari kumpulan titik-titik yang berhimpit, bisa lurus, lengkung, tebal, tipis, dll. 
  • Bidang: Terbentuk dari gabungan garis yang membentuk suatu area datar. 
  • Bentuk (Volume): Merujuk pada bentuk benda secara keseluruhan, baik dua dimensi maupun tiga dimensi. 
  • Warna: Pantulan cahaya pada benda yang dipengaruhi oleh pigmen.
  • warna ada dua macam
  • - warna primer / warna pokok  :  merah, kuning dan biru 


  • - warna sekunder

  • Gelap Terang: Penggunaan kontras antara area terang dan gelap untuk menciptakan kedalaman. 
  • Ruang: Kesan dimensi (panjang, lebar, tinggi) dalam sebuah karya seni. 
  • Tekstur: Keadaan permukaan suatu benda yang bisa terasa kasar atau halus. 

Kerjakan Latihan berikut!
1. Unsur rupa yang merupakan gabungan dari beberapa garis adalah ...
A. bidang
B. tekstur
C. warna
D. garis


2. Ungu, orange, dan hijau dinamakan warna ...

A. primer
B. sekunder
C. tersier
D. pelengkap


3. Kain batik merupakan benda seni yang berbentuk .... dimensi

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4


4. Warna pokok (primer) terdiri dari....

a. merah, kuning, hijau

b. merah, kuning, biru

c. kuning, biru, ungu

d. kuning, biru, hijau


5. Unsur rupa yang paling kecil dan sederhana adalah....

a. titik

b. warna

c. tekstur

d. garis



Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.  
    Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan membaca hamdalah

Wassalamualaikum wr wb


Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, untuk mata pelajaran matematika 24 dari 26 peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 100.000