Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Selasa, 15 Oktober 2024

STS Hari Ke 4 Seni Rupa dan Bahasa Lampung (Rabu 16 Oktober 2024)

Hari / Tanggal : Rabu / 16 Oktober 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Mata Pelajaran : Seni Rupa

Assalamualaikum wr wb
Anak sholeh-sholehah
berikut ringkasan materi mata pelajaran Seni Rupa untuk menghadapi STS hari rabu yaa..

Membuat Gambar Batik Menggunakan Ritme

Menggambar ekspresif adalah sebuah keterampilan seni yang memungkinkan kita untuk meng- ekspresikan perasaan, ide, atau cerita melalui gambar. Prinsip keseimbangan memiliki peran penting dalam proses menggambar ekspresif, karena dapat memberi ketegasan dan keindahan pada gambar tersebut. Menggambar ekspresif dengan prinsip keseimbangan akan memberikan kepuasan dalam mengungkapkan perasaan dan imajinasi kita. 

Ragam hias di Indonesia mencerminkan kekayaan budaya dan sejarah panjang yang mengakar dalam setiap aspek kehidupan masyarakat. Dari sabang hingga merauke, pulau- pulau di kepulauan Indonesia memamerkan keragaman ragam hias yang unik dan menarik. Ragam hias adalah seni dekoratif yang mempercantik benda atau permukaan dengan pola, bentuk, dan warna. Lebih dari sekadar ornamen, ragam hias juga menyampaikan makna budaya dan nilai-nilai melalui bahasa visual. Seni ini terdapat dalam berbagai bentuk seperti batik, ukiran, arsitektur, dan seni lukis, menghubungkan masa lalu dan masa kini serta menggambarkan kreativitas manusia.

Berikut ini contoh soal Seni Rupa Kelas V :
A. Pilihlah jawaban yang tepat!
1.Prinsip keseimbangan dalam seni rupa berfungsi untuk ….
A.membuat gambar terlihat rumit
B.menciptakan ketidakseimbangan visual
C.menyusun elemen-elemen agar terlihat seimbang dan harmonis
D.mengabaikan distribusi unsur-unsur dalam gambar
Pembahasan :
Jawab: C. Prinsip keseimbangan dalam seni rupa membantu menyusun elemen-elemen dalam gambar agar terlihat seimbang dan tidak terlalu berat di salah satu sisi, menciptakan harmoni visual.

2.Jenis ragam hias yang memanfaatkan motif tumbuhan seperti daun, bunga, dan cabang pohon disebut ragam hias ….
A.fauna
B.geometris
C.flora
D.figuratif
Pembahasan :
Jawab: C. Ragam hias flora menggunakan motif-motif tumbuhan untuk menghiasi benda atau permukaan.

3.Prinsip proporsi dapat mempengaruhi gambar objek tumbuhan dengan cara ….
A.prinsip proporsi tidak berpengaruh pada gambar objek tumbuhan
B.prinsip proporsi memengaruhi perubahan warna objek tumbuhan
C.prinsip proporsi membantu menciptakan tampilan yang akurat dan estetis pada gambar objek tumbuhan
D.prinsip proporsi hanya berkaitan dengan ukuran objek tumbuhan
Pembahasan :
Jawab: C. Prinsip proporsi membantu menyusun ukuran, bentuk, dan posisi bagian-bagian objek tumbuhan sehingga menciptakan gambar yang akurat dan menarik.

4.Ragam hias memiliki makna dan budaya karena ….
A.ragam hias hanya berfungsi sebagai dekorasi visual
B.ragam hias mengabaikan nilai budaya
C.ragam hias mencerminkan kreativitas tanpa makna
D.ragam hias mengandung simbol dan cerita yang mendalam dari budaya masyarakat
Pembahasan :
Jawab: D. Ragam hias bukan hanya ornamen semata, tetapi juga sarana untuk menyampaikan makna, cerita, serta nilai-nilai budaya.

5.Perhatikan gambar berikut!
SOal 5
Gambar di atas menggunakan prinsip ….
A.keseimbangan
B.kesatuan
C.keselarasan
D.irama
Pembahasan :
Jawab: A. Gambar tersebut menggunakan prinsip keseimbangan simetris.

6.Pola berangkai merupakan jenis pola ragam hias yang ....
A.menempatkan elemen dekoratif di sepanjang pinggiran
B.menciptakan tampilan yang acak tapi teratur
C.menggabungkan beberapa elemen yang berulang dalam urutan tertentu
D.digunakan untuk menghiasi tepian pakaian
Pembahasan :
Jawab: C. Pola berangkai adalah pola ragam hias yang menggabungkan beberapa elemen dekoratif dalam urutan tertentu sehingga membentuk pola yang terulang.

7.Motif kawung dalam batik Jawa mengandung makna filosofis tentang ....
A.gerakan dan dinamika
B.kesederhanaan dan kerukunan
C.hubungan antara manusia dan alam
D.keindahan dan simetri
Pembahasan :
Jawab: C. Motif kawung dalam batik Jawa melambangkan hubungan harmonis antara manusia dan alam. Bentuk lingkaran dan persegi empat menggambarkan manusia dan alam yang saling bergantung.

8.Alat yang tidak dibutuhkan dalam menggambar ragam hias flora dengan pola geometris adalah ….
A.pensil dan penghapus
B.krayon, pensil warna atau spidol
C.penggaris dan meja
D.kuas dan cat air
Pembahasan :
Jawab: B. Krayon, pensil warna, atau spidol adalah alat yang cocok untuk menggambar ragam hias flora dengan pola geometris karena mereka memberikan warna dan variasi yang diperlukan.

9.Stilasi motif fauna dalam ragam hias mengandalkan pengurangan bentuk hewan yang lebih rumit menjadi bentuk ....
A.lebih sederhana dan tidak dikenali
B.lebih dinamis dan tidak simetris
C.lebih abstrak dan tidak beraturan
D.lebih sederhana tapi masih mempertahankan ciri khas
Pembahasan :
Jawab: A. Proses stilasi melibatkan pengurangan bentuk hewan atau objek yang lebih rumit menjadi bentuk yang lebih sederhana dan tidak dikenali, tetapi masih mempertahankan ciri khasnya.

10.Perhatikan gambar berikut!
Soal 10
Ragam hias tersebut menggunakan motif….
A.flora
B.fauna
C.figuratid
D.geometris
Pembahasan :
Jawab: D. Gambar pada soal memperlihatkan ragam hias yang menggunakan motif geometris. Dapat dilihat dari unsur bentuk, garis, dan titik yang digunakan.

 Menggambar objek visual di sekitar kita



Jenis-jenis menggambar

  • Menggambar imajinatif adalah jenis menggambar yang bersifat khayalan atau imajinasi. ...
  • Menggambar dekoratif yaitu jenis menggambar bentuk motif hias. ...
  • Menggambar ekspresif merupakan jenis menggambar seekspresif mungkin.

Unsur Seni Rupa



Mengutip dari buku Pendidikan Seni Rupa Estetik Sekolah Dasar oleh Ariana Restian. Unsur-unsur seni rupa meliputi:

a. Garis
Suatu goresan, batas dari suatu benda yang merupakan sisi dari sebuah bidang. Batas yang dimaksudkan tersebut adalah gabungan dari titik ke titik lainnya yang memiliki kesan dan menghasilkan berbagai bentuk. Sifat: panjang, pendek, vertikal, horizontal, patah, zigzag, lurus, lengkung, dan lain-lainnya.

b. Bidang
Suatu yang dibatasi oleh garis-garis yang mempunyai panjang dan lebar (2 matra). Macam-macam garis bidang:
1) Bidang geometris, bidang yang dibuat secara matematika. Contoh: lingkaran, segitiga, bujur sangkar
2) Bidang organik, bidang yang dibatasi lengkung bebas
3) Bidang bersudut, bidang yang dibatasi oleh beberapa garis lurus yang secara matematika tidak saling mengait
4) Bidang tak beraturan, bidang yang dibatasi oleh garis lurus dan lengkung yang secara matematika tidak saling mengait.

c. Warna
1. Macam -macam warna dan kesannya:
1) Merah : berani, panas, marah
2) Hijau : sejuk, kesuburan
3) Kuning : kegembiraan
4) Biru : agung, tenang, dingin
5) Hitam : sedih, menakutkan, dan sebagainya

2. Pembagian warna:
1) Warna pokok (primer).
- Merah
- Kuning
- Biru

2) Warna sekunder (campuran 2 warna primer)
- Orange (campuran merah dan kuning)
- Ungu (campuran merah dan biru)
- Hijau (campuran kuning dan biru
3) Warna tertier adalah seluruh warna dari warna-warna sekunder tersebut bila dicampurkan akan terbentuk warna-warna yang baru.

Kerjakan soal berikut!

1. Perpotongan beberapa garis yang dibuat dapat membentuk unsur ....

a. garis
b. titik
c. bidang
d. bentuk

2. Bentuk merupakan unsur seni rupa yang berkaitan dengan ....

a. warna
b. bentuk suatu benda
c. sisi gelap terang
d. bahan atau material

3. Karya dua dimensi merupakan karya yang memiliki unsur ....

a. panjang, lebar
b. panjang, tinggi
c. panjang, lebar, tinggi
d. lebar, tinggi

4. Kualitas permukaan benda dapat diketahui dengan penginderaan apakah benda tersebut kasar atau halus. Hal ini termasuk dalam unsur ....

a. warna
b. ruang
c. tone
d. tekstur

5. Kesan yang terjadi sebagai akibat pantulan cahaya dari suatu benda disebut merupakan unsur ...

a. warna
b. ruang
c. tone
d. tekstur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar