Hari / Tanggal : Selasa, 19 Agustus 2025
Fase / Kelas : C / 5
Muatan Pembelajaran
1. IPAS : Rantai makanan
2. Pend. Pancasila : Meneladani Sikap Perumus Pancasila
1. Capaian Pembelajaran IPAS
Elemen Pemahaman IPAS:
Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.
2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PANCASILA
Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini murid dapat menganalisis hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem dalam bentuk rantai makanan.
IPAS
Rantai Makanan
Rantai makanan adalah urutan peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup, di mana energi berpindah dari satu organisme ke organisme lain. Rantai makanan menggambarkan hubungan saling ketergantungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem.
Pengertian Rantai Makanan:
Rantai makanan adalah jalur linear aliran energi dari produsen (tumbuhan) ke konsumen (hewan) dan seterusnya, hingga pengurai (dekomposer). Setiap tingkatan dalam rantai makanan disebut tingkat trofik.
Komponen Rantai Makanan:
- Produsen:Organisme autotrof (seperti tumbuhan) yang membuat makanan sendiri melalui fotosintesis.
- Konsumen:Organisme heterotrof yang memakan organisme lain. Terdiri dari konsumen primer (herbivora), konsumen sekunder (karnivora), dan seterusnya.
- Dekomposer (Pengurai):Organisme (seperti bakteri dan jamur) yang menguraikan organisme mati dan mengembalikan nutrisi ke tanah.
Contoh Rantai Makanan:
- Rantai makanan di sawah:Padi (produsen) -> belalang (konsumen primer) -> katak (konsumen sekunder) -> ular (konsumen tersier) -> burung elang (konsumen puncak) -> pengurai.
- Rantai makanan di laut:Fitoplankton (produsen) -> zooplankton (konsumen primer) -> ikan kecil (konsumen sekunder) -> ikan besar (konsumen tersier) -> burung camar (konsumen puncak) -> pengurai.
Pentingnya Rantai Makanan:
Menjaga keseimbangan ekosistem, Memastikan aliran energi dan nutrisi dalam ekosistem, Membantu memahami hubungan antar makhluk hidup, Menggambarkan peran penting setiap makhluk hidup dalam ekosistem.
Kerjakan soal berikut!
- Apa yang dimaksud dengan rantai makanan?
a) Urutan peristiwa makan dan dimakan antar makhluk hidup.
b) Proses fotosintesis pada tumbuhan.
c) Perkembangbiakan hewan.
d) Penyakit pada tumbuhan
b) Proses fotosintesis pada tumbuhan.
c) Perkembangbiakan hewan.
d) Penyakit pada tumbuhan
2. Dalam sebuah ekosistem, organisme yang memulai rantai makanan dengan menghasilkan makanannya sendiri disebut...
a) Konsumen
b) Produsen
c) Dekomposer
d) Predator
b) Produsen
c) Dekomposer
d) Predator
3. Rantai makanan berikut: Rumput -> Kelinci -> Rubah -> Pengurai. Peran rubah dalam rantai makanan tersebut adalah...
a) Produsen
b) Konsumen primer
c) Konsumen sekunder
d) Dekomposer
b) Konsumen primer
c) Konsumen sekunder
d) Dekomposer
4. Peran dekomposer dalam rantai makanan adalah...
a) Menghasilkan makanan sendiri.
b) Memakan tumbuhan.
c) Menguraikan organisme mati.
d) Menangkap mangsa.
b) Memakan tumbuhan.
c) Menguraikan organisme mati.
d) Menangkap mangsa.
5. Apa yang terjadi jika salah satu organisme dalam rantai makanan hilang?
a) Rantai makanan akan tetap stabil.
b) Rantai makanan akan terputus.
c) Organisme lain akan menggantikan perannya.
d) Populasi organisme lain akan meningkat.
b) Rantai makanan akan terputus.
c) Organisme lain akan menggantikan perannya.
d) Populasi organisme lain akan meningkat.
Pendidikan Pancasila
Meneladani Sikap para Penggagas Pancasila
- Bu Ani selalu mengajak tetangga-tetangganya untuk bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar rumah. Sikap Bu Ani ini mencerminkan pengamalan Pancasila sila ke...
a) Satu
b) Dua
c) Tiga
d) Empat
b) Dua
c) Tiga
d) Empat
a) Adu argumen yang keras
b) Memaksakan pendapat pribadi
c) Musyawarah untuk mencapai mufakat
d) Menyerahkan keputusan pada guru
b) Memaksakan pendapat pribadi
c) Musyawarah untuk mencapai mufakat
d) Menyerahkan keputusan pada guru
3. Perhatikan pernyataan berikut:
1) Menghargai perbedaan agama dan kepercayaan.
2) Memaksakan kehendak kepada orang lain.
3) Bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah.
4) Menghormati hak asasi manusia.
2) Memaksakan kehendak kepada orang lain.
3) Bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah.
4) Menghormati hak asasi manusia.
Sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila ditunjukkan oleh nomor...
a) 1 dan 2
b) 1 dan 3
c) 2 dan 3
d) 2 dan 4
e) 3 dan 4
b) 1 dan 3
c) 2 dan 3
d) 2 dan 4
e) 3 dan 4
4. Rani dan teman-temannya ingin mengadakan kegiatan bakti sosial di panti asuhan. Mereka mengumpulkan pakaian layak pakai, makanan, dan kebutuhan lainnya. Kegiatan ini mencerminkan pengamalan Pancasila sila ke...
a) Satu
b) Dua
c) Tiga
d) Lima
b) Dua
c) Tiga
d) Lima
5. Di sekolah, Edo selalu membantu temannya yang kesulitan belajar. Sikap Edo ini menunjukkan pengamalan Pancasila, khususnya sila...
a) Satu
b) Dua
c) Tiga
d) Empat
b) Dua
c) Tiga
d) Empat
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, Jangan lupa sholat lima waktu dan murojaah surah-surah pendek.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan hamdalah
Wassalamualaikum wr wb
Kesimpulan :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, untuk mata pelajaran IPAS dari 26 peserta didik ada 3 peserta didik yang masih kesulitan menentukan peran dalam rantai makanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar