Hari / Tanggal : Jumat / 30 Agustus 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Mata Pelajaran : IPAS dan Bahasa Indonesia


Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

Elemen Membaca

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....

    Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menjelaskan jaring-jaring makanan dan komponennya, serta mengidentifikasi majas dalam cerita fiksi.

IPAS
Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan komponen abiotiknya dalam satu kesatuan tempat hidup. Ekosistem tersusun atas satuan makhluk hidup. Dalam ekosistem terdapat komponen biotik dan komponen abiotik. Sedangkan rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan. Rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan,

Ayo Berlatih
Kamu tentu tahu bahwa ayam menghasilkan telur yang bermanfaat bagi manusia. Ketika kita memakan telur ayam saat sarapan, kita mendapatkan energi dari telur ayam tersebut. Lalu, dari manakah ayam mendapatkan energi untuk menghasilkan telur? Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu.

Ayam mendapatkan energi dari makanan yang dimakan oleh ayam. Telur ayam yang kita makan sebenarnya merupakan bahan makanan yang diperuntukan bagi anak ayam selama masih dalam cangkang telur.
Rantai Makanan
Jelaskan mengenai rantai makanan di atas !
  1. Tumbuhan padi memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Jenis makanan yang diproduksi oleh tumbuhan berupa gula. Oleh tumbuhan padi makanan disimpan dalam bentuk biji.
  2. Konsumen tingkat I merupakan hewan herbivor atau pemakan tumbuhan. Contoh: konsumen tingkat I di ekosistem sawah adalah tikus. Biji padi yang dimakan tikus akan diubah ke dalam bentuk energi untuk melakukan aktivitas dan bereproduksi. 
  3. Konsumen tingkat II merupakan hewan karnivor yang akan memakan konsumen tingkat I. Contoh hewan konsumen tingkat II dalam ekosistem sawah adalah ular. Ular memakan tikus untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas. Konsumen tingkat I (tikus) merupakan sumber energi bagi konsumen tingkat II (ular) agar dapat bertahan hidup. 
  4. Konsumen tingkat III dalam ekosistem sawah memakan konsumen tingkat II. Contoh hewan konsumen tingkat III dalam ekosistem sawah adalah burung elang. Burung elang mendapatkan energi dengan cara memangsa hewan ular.
  5. Pada saat konsumen tingkat III mati, tubuhnya akan membusuk. Pada proses pembusukan, tubuhnya akan diurai oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Hasil penguraian ini kemudian akan diubah oleh mikroorganisme dalam tanah untuk menjadi sumber makanan bagi tumbuhan, seperti tanaman padi.
Untuk lebih jelasnya bisa disimak pada video berikut ini !


Sekarang bersama teman sebangkumu, buatlah sebuah rantai makanan yang terdiri atas satu produsen, empat tingkat konsumen, dan satu pengurai. Jangan lupa untuk menyebutkan jenis ekosistemnya.
Ekosistem Sawah

Rantai makanan juga berperan penting dalam membantu mengatur ekosistem. Predator memang tidak selalu secara langsung bisa mengendalikan ukuran populasi mangsa mereka. Namun predator bisa meningkatkan kesehatannya dengan cara menyingkirkan individu yang berpenyakit atau mengalami gangguan. Dengan ini, jumlah predator dalam rantai makanan tetap bisa dikendalikan yang akan terus terjadi secara berkelanjutan.

Kerjakan latihan berikut!
1. Peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup disebut …
a. symbiosis b. ekosistem c. rantai makanan d. parasitisme

2. Perhatikan rantai makanan di bawah ini
(1) Padi –> tikus –> ular –> burung elang
(2) Fitoplankton –> zooplankton –> udang –> cumi-cumi
(3) Rumput –> zebra –> singa
(4) Tanaman tomat –> ulat –> ayam –> ular

Rantai makanan yang terjadi di ekosistem kebun ditunjukkan oleh nomor….
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4

3. Pada gambar tersebut yang bertindak sebagai Konsumen tingkat 1 adalah gambar nomor …
      A. 1 B. 5 C. 3 D. 2

4. Organisme yang mengurai zat/makhluk hidup yang sudah mati dan hasil penguraiannya dimanfaatkan oleh tumbuhan disebut …
    A. Tumbuhan B. Pengurai  C. Produsen D. Konsumen

5. Tumbuhan sebagai Produsen dapat menghasilkan makanan sendiri dengan cara …
A. Klorofil B. Fotosintesis C. Jaring-jaring makan D. Mengambil dari akar

6. Makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanan sendiri disebut …
A. Konsumen Tingkat 1 B. Produsen C. Konsumen Tingkat 2 D. Pengurai

7. Makhluk hidup yang tidak mampu menghasilkan makanan sendiri, namun hanya memakan makhluk hidup lainnya atau memanfaatkan makanan dari produsen disebut …
A. Produsen B. Autotrof C. Konsumen D. Tumbuhan

8. Pada gambar tersebut jika Katak mengalami kepunahan maka yang terjadi adalah …
A. Elang semakin banyak   B. Ular memakan padi  
C. Elang tidak dapat makan D. Belalang semakin banyak

9.Perhatikan gambar berikut!

Organisme yang berkedudukan sebagai konsumen tingkat tiga adalah …
A. Belalang B. Katak C. Elang D. Ular

10. Produsen mendapat energi dari ….
A.  tanah tandus B. decomposer C. udara D. fotosintesis


Bahasa  Indonesia

Unsur intrinsik adalah unsur pembangun dalam cerita fiksi. Unsur intrinsik adalah unsur penting yang tidak boleh dilewatkan dalam karya sastra. Komponen-komponennya terdiri dari tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat.

Salah satu unsur intrinsik cerita fiksi adalah gaya bahasa. Gaya bahasa disebut juga dengan majas. Pada pembelajaran kali ini kita akan mengidentifikasi majas metafora, majas personifikasi dan majas hiperbola. Simak video berikut ini ya..

Demikian pembelajaran hari ini,
Bu guru akhiri
Wassalamu'alaikum wr wb 


Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, peserta didik dapat membedakan antara rantai makanan dan jaring-jaring makanan.