Fase / Kelas : C / 5C

Mata Pelajaran : 

1. IPAS Ekosistem

2. Bahasa Indonesia : Buku Jendela Dunia

3. Pend. Pancasila : Sila Pancasila 


Capaian  Pembelajaran IPAS

Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

1. Elemen Membaca

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.

CAPAIAN PEMBELAJARAN  PANCASILA

Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....

    Tujuan pembelajaran hari ini peserta didik dapat menjelaskan rantai makanan, dan komponennya, mengidentifikasi unsur instrinsik dan mengidentifikasi sila-sila pancasila.

IPAS

                                    Rantai Makanan
Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan komponen abiotiknya dalam satu kesatuan tempat hidup. Ekosistem tersusun atas satuan makhluk hidup. Dalam ekosistem terdapat komponen biotik dan komponen abiotik. Sedangkan rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan. Rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan,

Ayo Berlatih
Kamu tentu tahu bahwa ayam menghasilkan telur yang bermanfaat bagi manusia. Ketika kita memakan telur ayam saat sarapan, kita mendapatkan energi dari telur ayam tersebut. Lalu, dari manakah ayam mendapatkan energi untuk menghasilkan telur? Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu.

Ayam mendapatkan energi dari makanan yang dimakan oleh ayam. Telur ayam yang kita makan sebenarnya merupakan bahan makanan yang diperuntukan bagi anak ayam selama masih dalam cangkang telur.
Rantai Makanan
Jelaskan mengenai rantai makanan di atas !
  1. Tumbuhan padi memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Jenis makanan yang diproduksi oleh tumbuhan berupa gula. Oleh tumbuhan padi makanan disimpan dalam bentuk biji.
  2. Konsumen tingkat I merupakan hewan herbivor atau pemakan tumbuhan. Contoh: konsumen tingkat I di ekosistem sawah adalah tikus. Biji padi yang dimakan tikus akan diubah ke dalam bentuk energi untuk melakukan aktivitas dan bereproduksi. 
  3. Konsumen tingkat II merupakan hewan karnivor yang akan memakan konsumen tingkat I. Contoh hewan konsumen tingkat II dalam ekosistem sawah adalah ular. Ular memakan tikus untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas. Konsumen tingkat I (tikus) merupakan sumber energi bagi konsumen tingkat II (ular) agar dapat bertahan hidup. 
  4. Konsumen tingkat III dalam ekosistem sawah memakan konsumen tingkat II. Contoh hewan konsumen tingkat III dalam ekosistem sawah adalah burung elang. Burung elang mendapatkan energi dengan cara memangsa hewan ular.
  5. Pada saat konsumen tingkat III mati, tubuhnya akan membusuk. Pada proses pembusukan, tubuhnya akan diurai oleh mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Hasil penguraian ini kemudian akan diubah oleh mikroorganisme dalam tanah untuk menjadi sumber makanan bagi tumbuhan, seperti tanaman padi.
Untuk lebih jelasnya bisa disimak pada video berikut ini !

Setelah selesai, diskusikan hasil penjelasanmu dengan pasangan lain di kelas. Kemudian, lakukan diskusi kelas bersama teman-teman sekelasmu dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini bersama-sama.

1. Apa yang dimaksud aliran energi pada sebuah rantai makanan?
Aliran energi pada sebuah rantai makanan adalah perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain, dalam bentuk zat makanan dan terjadi saat mahkluk hidup memakan makhluk hidup lain. 

2. Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi? Jelaskan!
Semua makhluk hidup memerlukan energi untuk melakukan aktivitas hidupnya. Energi tersebut dapat diperolehnya dari makanan. Proses konsumsi makanan dalam ekosistem merupakan proses transfer atau perpindahan energi. Aliran energi dalam ekosistem dapat digambarkan dengan rantai makanan dan jaring makanan.

3. Jelaskan peran produsen penting dalam sebuah rantai makanan
Peran produsen sangat penting pada suatu rantai makanan karena produsen sebagai penghasil makanan untuk konsumen tingkat 1. Bila tidak ada produsen tentu saja rantai makanan bisa terganggu dan konsumen - konsumen tidak dapat bertahan hidup.

4. Rantai makanan pada puncaknya disebut konsumen puncak. Apabila konsumen puncak punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan konsumen II?
Jika konsumen puncak tidak ada maka konsumen 1 akan berkurang, karena dimangsa oleh konsumen 2 yang bertambah banyak.  Konsumen 2 akan bertambah banyak karena mendapatkan mangsa dari konsumen ke-2 dan tidak dimangsa oleh konsumen puncak.

Sekarang bersama teman sebangkumu, buatlah sebuah rantai makanan yang terdiri atas satu produsen, empat tingkat konsumen, dan satu pengurai. Jangan lupa untuk menyebutkan jenis ekosistemnya.
Ekosistem Sawah

Rantai makanan juga berperan penting dalam membantu mengatur ekosistem. Predator memang tidak selalu secara langsung bisa mengendalikan ukuran populasi mangsa mereka. Namun predator bisa meningkatkan kesehatannya dengan cara menyingkirkan individu yang berpenyakit atau mengalami gangguan. Dengan ini, jumlah predator dalam rantai makanan tetap bisa dikendalikan yang akan terus terjadi secara berkelanjutan.

Kerjakan latihan berikut!
1. Peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup disebut …
a. symbiosis b. ekosistem c. rantai makanan d. parasitisme

2. Perhatikan rantai makanan di bawah ini
 

(1) Padi –> tikus –> ular –> burung elang
(2) Fitoplankton –> zooplankton –> udang –> cumi-cumi
(3) Rumput –> zebra –> singa
(4) Tanaman tomat –> ulat –> ayam –> ular

Rantai makanan yang terjadi di ekosistem kebun ditunjukkan oleh nomor….
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4

3. Pada gambar tersebut yang bertindak sebagai Konsumen tingkat 1 adalah gambar nomor …
      A. 1 B. 5 C. 3 D. 2
4. Organisme yang mengurai zat/makhluk hidup yang sudah mati dan hasil penguraiannya dimanfaatkan oleh tumbuhan disebut …
    A. Tumbuhan B. Pengurai  C. Produsen D. Konsumen
5. Tumbuhan sebagai Produsen dapat menghasilkan makanan sendiri dengan cara …
A. Klorofil B. Fotosintesis C. Jaring-jaring makan D. Mengambil dari akar
6. Makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanan sendiri disebut …
A. Konsumen Tingkat 1 B. Produsen C. Konsumen Tingkat 2 D. Pengurai

7. Makhluk hidup yang tidak mampu menghasilkan makanan sendiri, namun hanya memakan makhluk hidup lainnya atau memanfaatkan makanan dari produsen disebut …
A. Produsen B. Autotrof C. Konsumen D. Tumbuhan
8.
 
Pada gambar tersebut jika Katak mengalami kepunahan maka yang terjadi adalah …
A. Elang semakin banyak   B. Ular memakan padi  
C. Elang tidak dapat makan D. Belalang semakin banyak

9.Perhatikan gambar berikut!
 
Organisme yang berkedudukan sebagai konsumen tingkat tiga adalah …
A. Belalang B. Katak C. Elang D. Ular

10. Produsen mendapat energi dari ….
A.  tanah tandus B. decomposer C. udara D. fotosintesis

Bahasa  Indonesia

Unsur intrinsik adalah unsur pembangun dari dalam cerpen. Unsur intrinsik adalah unsur penting yang tidak boleh dilewatkan dalam karya sastra. Komponen-komponennya terdiri dari tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat.

Salah satu unsur intrinsik cepen adalah tokoh. Tokoh utama cerita dapat berupa manusia, hewan, atau benda yang mengalami permasalahan di dalam cerita. Plot adalah rangkaian kejadian dalam sebuah cerita yang mempunyai hubungan sebab-akibat. Plot menggambarkan bagaimana tokoh cerita menyelesaikan permasalahannya. Tindakan atau perbuatan tokoh dipengaruhi oleh watak atau sifatnya.

Pada cerita “Aku Anak Indonesia”, kalian mengetahui bahwa tokoh Juna memiliki sifat ramah, senang berteman, dan menikmati menjadi pusat perhatian. Ia mencairkan keraguan Hana dengan komentar-komentar lucunya. Nah, bagaimana sifat tokoh yang lain? Apa yang mereka lakukan dalam cerita? 
Cerpen
Semua tindakan tokoh ini membangun adegan-adegan yang terangkai dalam plot cerita. Hubungan antara sifat tokoh dan apa yang dilakukannya dalam cerita membantumu menyimpulkan runtutan alur cerita.

Plot cerita “Aku Anak Indonesia” menggambarkan cara Hana mengatasi permasalahannya. Tindakan Hana merupakan bagian dari plot. Tindakan Hana juga menunjukkan sifatnya. Akhir cerita menggambarkan penyelesaian masalah Hana.
No.Nama TokohSifat TokohTindakannya
1.HanaMandiri, berani, dan terbuka, tetapi kadang suka cemasCemas menghadapi hari pertama sekolahnya, tetapi dia berangkat sekolah sendiri, berani berpendapat dan memperkenalkan dirinya secara terbuka.
2.JunaCeria, ramah, suka menjadi pusat perhatianMengacungkan tangan dan bertanya kepada Hana di depan kelas.
3.Ibu PertiwiPenuh perhatian dan berwawasan luasMembesarkan hati dan memberikan penjelasan yang baik.
4.SalimAktif dan percaya diriMenanggapi pertanyaan guru secara cepat dan berteriak spontan saat melihat sesuatu yang mengejutkannya

Sekarang, tentukan permasalahan yang dihadapi Hana dan akhir permasalahan di akhir cerita “Aku Anak Indonesia”. Gambar dan isilah diagram berikut di buku tulis kalian.

1.Permasalahan Hana
Hana cemas menghadapi menghadapi hari pertama sekolahnya karena ia baru pindah dari luar negeri.
2. Tindakan Hana
Secara terbuka Hana memperkenalkan diri dan berbagi dengan teman-temannya.
3. Penyelesaian Masalah Hana
Ibu guru membantu Hana mengatasi kekhawatirannya dengan memperkenalkannya kepada teman-temannya sebagai anak Indonesia. Hana juga mau belajar memperlancar bahasa Indonesianya. Ayah Hana juga membantu agar Hana dapat lebih cepat akrab dengan teman-temannya. 



PENDIDIKAN PANCASILA
Pancasila diumpamakan sebagai satu paket lengkap yang menopang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh dari kelima silanya. Sila kesatu menjiwai sila kedua, menjiwai sila ketiga, keempat, dan kelima. Sila kedua dijiwai oleh sila

kesatu, ketiga, keempat, dan kelima, dan begitu seterusnya. Kelima sila tidak bisa dilepas satu dengan yang lainnya. Walaupun masing-masing sila mempunyai nilai-nilai sendiri tetapi hubungan antarsila merupakan hubungan yang utuh dan saling terkait.

Setiap sila yang membentuk Pancasila merupakan unsur yang mutlak yang membentuk kesatuan, bukan unsur pelengkap. Artinya satu sila menjiwai dan dijiwai oleh sila-sila yang lain. Sila Pertama menjiwai sila kedua, ketiga, keempat, dan kelima, dan demikian seterusnya. Misalnya, meskipun Sila Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan sila yang berkaitan dengan Tuhan, tetapi tidak berarti sila-sila yang lain hanya sebagai pelengkap saja.

Setiap sila yang membentuk Pancasila juga sebagai satu kesatuan yang mutlak, tidak dapat ditambah dan dikurangi. Oleh karena itu, Pancasila tidak dapat diubah menjadi Trisila atau ekasila.

Perilaku Mencerminkan Kesatuan Sila-sila Pancasila

 

Kerjakan latihan berikut!

1. Sila kedua Pancasila "Kemanusiaan yang adil dan beradab" disimbolkan dengan "Rantai" berwarna emas. Penerapan makna simbol "Rantai" dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah ....

a. Membantu teman yang sedang dalam kesulitan

b. Membuang sampah pada tempatnya

c. Melaksanakan ibadah tepat waktu

d. Menjahili teman


2. Setiap hari Senin warga sekolah melaksanakan upacara bendera sebagai. wujud nasionalisme dan patriotisme. hal di atas merupakan pencerminan dari sila ....

a. Kesatu

b. Kedua

c. Ketiga

d. Keempat


3. Kegiatan yang sesuai dengan penerapan sila Pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia" adalah ....

a. Berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing

b. Memberi sedekah kepada fakir miskin

c. Melaksanakan upacara setiap hari senin

d. Membuang sampah pada tempatnya


4.Menghargai hak asasi menusia merupakan nilai-nilai Pancasila sila .....

a. Kesatu

b. Kedua

c. Ketiga

d. Keempat


5. Mengerjakan piket kelas merupakan pengamalan Pancasila sila ....

a. Kesatu

b. Kedua

c. Ketiga

d. keempat



KESIMPULAN 

Alhamdulillah pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar, peserta didik memahami materi yang diberikan oleh guru, peserta didik dapat mengerjakan LKPD tentang ekosistem (rantai makanan).