Welcome To The Class 5C SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung With Miss Dwi

Jumat, 27 September 2024

Materi Ajar IPAS dan Bahasa Indonesia Kelas 5C (Jumat 27 September 2024)

Hari / Tanggal : Jumat / 27 September 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran : IPAS dan Bahasa Indonesia


Capaian  Pembelajaran IPAS

1. Elemen Pemahaman IPAS:

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya.

CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA:

1. Elemen Membaca

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks sosial. Peserta didik menunjukkan minat terhadap teks, mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks narasi dan informatif. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan, dan keterampilan.



Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....

      Tujuan pembelajaran hari ini  peserta didik dapat mengidentifikasi organ pernapasan manusia, mempelajari berbagai jenis buku baik fiksi maupun non fiksi dan membandingkan teks fiksi dan nonfiksi.

     IPAS
     Sistem Pernapasan Manusia
Mengenal Organ Pernapasan Manusia


   Organ Pernapasan Manusia

   
      Ayo Berlatih!

     

Bahasa Indonesia
 Isi Buku
Perhatikan isi teks dari dua buku berbeda berikut ini. Manakah yang merupakan tulisan dari buku fiksi dan manakah yang merupakan isi tulisan dari buku nonfiksi? Bagaimana kalian mengenalinya?
FiksiNonfiksi
La Tinulu berangkat meninggalkan tempatnya untuk mencari ilmu pengetahuan. Perjalanannya cukup jauh. Ia menyeberang sungai, mendaki bukit, dan beberapa desa telah dilaluinya. Di dalam perjalanan itu bertemulah dia dengan laki-laki tua yang berteduh di bawah pohon beringin di tepi jalan. La Tinulu ikut berteduh dan duduk di sebelah laki-laki tua itu.

“Hendak ke mana, Nak? Sepertinya sudah berjalan jauh?” laki-laki tua itu bertanya sambil mengulurkan tempat air kepada La Tinulu yang terlihat kehausan. La Tinulu menerima tempat air dan meminumnya sedikit, lalu dikembalikannya kepada orang tua itu.

“Terima kasih, Pak Tua, saya berjalan tak tentu arah mencari orang yang mau menjual ilmu pengetahuan.” 

“Apa maksudmu? Menjual ilmu pengetahuan?” tanya Pak Tua.
Sultan Hasanuddin adalah salah seorang pahlawan nasional yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Beliau adalah keturunan dari Raja Gowa ke-15, dan pernah memimpin kerajaan tersebut menguasai jalur perdagangan di wilayah Timur Indonesia di abad ke-17.

Sultan Hasanuddin dikenal atas perjuangannya menentang monopoli dagang rempah-rempah Kompeni Belanda VOC di Indonesia Timur. Perlawanan gigih dan berani yang dilakukan Sultan Hasanuddin membuat VOC menjulukinya Ayam Jantan dari Timur.

Akan tetapi, pada akhirnya perjuangan Sultan Hasanuddin harus berakhir saat VOC menaklukkan benteng terkuat Gowa, yaitu Benteng Somba Opu. Beliau wafat setahun setelah peristiwa ini dan dimakamkan di kompleks makam-makam Raja Gowa.

Pembahasan :
Membandingkan Isi Buku
Bagian BukuBuku ABuku B
Sampul BukuGambar  berbentuk komik, dari kata kunci kisah.Sampul yang  informatif, judul informatif, dan ilustrasi adalah gambar nyata.
Daftar IsiPembagian bab berdasarkan topik,  berdasarkan detail dari tema tata surya, bisa dibaca dimulai dari bab mana sajaPembagian bab berdasarkan momen atau kejadian, ada alur cerita jadi dibacanya dari awal sampai akhir berurut, judulnya membuat penasaran.
Isi BukuGaya bahasa, ada percakapan, ada tokoh, ada alur cerita, ada tanda kutip.Informasi, tidak ada alur cerita, tidak ada percakapan, gaya bahasa datar/lugas

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka, Kemendikbud

Ayo Berlatih!

Bandingkan kedua teks berikut!, lalu jawablah di kolom masing-masing.

KESIMPULAN :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik, peserta didik dapat menyebutkan organ pernapasan dan fungsinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar