Materi Ajar Matematika dan Seni Rupa Kelas 5C (Senin 23 September 2024)
Hari/Tanggal : Senin / 23 September 2024
Muatan Pembelajaran : Matematika dan Seni Rupa
Media Pembelajaran : Video/PPT, game interaktif wordwall
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen Bilangan
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
Capaian Pembelajaran Seni Rupa
Elemen Mengalami
Pada akhir fase C, peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Anak-anak , setelah belajar anak-anak diharapkan dapat membandingkan dan mengurutkan pecahan, membuat karya seni menggunakan ritme.
Matematika
Membandingkan Pecahan
Membandingkan pecahan berarti melihat dua bilangan pecahan dan menentukan mana bilangan yang lebih besar. Untuk membandingkan pecahan maka yang harus dilakukan, yaitu membuat kedua pecahan memiliki penyebut yang sama, lalu melihat pecahan mana yang memiliki pembilang yang lebih besar.
Ayo pikirkan bagaimana membandingkan 2/3 dan 3/4.
1 Ayo nyatakan 2/3 dalam berbagai bentuk pecahan.
Bandingkan 2/3 dan 4/7 dengan mengubahnya menjadi pecahan yang memiliki penyebut sama.
Menemukan Penyebut yang Sama
4. Ayo temukan penyebut yang sama dari 5/6 dan 7/8.
Dimanakah perbedaan dalam menyamakan penyebut oleh Dadang dan Chia? Kalau kita mengalikan sesama penyebut kita bisa dengan mudah menyamakan penyebutnya. Jika menyamakan penyebut dengan kelipatan persekutuan terkecil, maka penyebutnya akan menjadi kecil.
5. Ayo bandingkan pecahan berikut menggunakan penyebut yang sama.
6. Ayo bandingkan 1 3/4 dan 11/6 menggunakan penyebut yang sama.
Ayo Berlatih!
SOAL NO. 1
Sepasang roti dibagi 3 sama besar, maka tiap bagian bernilai...
A. ⅛ B. 3 C. ⅓ D. 4/8
SOAL NO. 2.
Perhatikan gambar berikut!
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . . A. > B. ≥ C. < D. =
SOAL NO. 3.
Perhatikan gambar berikut!
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . . A. > B. ≥ C. < D. =
SOAL NO 4
13
. . .
53
Tanda yang tepat untuk mengisi tanda titik tersebut yaitu . . . A. > B. ≥ C. < D. =
SOAL NO.5
. 4/5 …. 7/10.
Tanda yang tepat diletakkan di tengah angka 4/5 dan 7/10 yaitu…
A. < B.= C.+ D.>
Seni Rupa
Membuat Gambar Batik Menggunakan Ritme
KESIMPULAN :
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, seluruh peserta didik dapat membuat gambar pola batik yang mengandung ritme seni rupa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar