Hari / Tanggal : Rabu / 30 Oktober 2024

Fase / Kelas : C / 5C

Muatan  Pembelajaran : Matematika, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Pancasila 

Model pembelajaran : PBL, Ketrampilan proses

Media Pembelajaran : Video/PPT, Papan tulis, kertas, alat tulis, dll                                        


CP Matematika

Elemen Bilangan

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)


CP BAHASA INDONESIA 

ELEMEN MENULIS

Peserta didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan kausalitas, serta menuangkan hasil pengamatan untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu

menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma budaya; menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam  bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata secara kreatif.


CP PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat;

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga anak-anak bu guru dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
    Hari ini kita akan kembali melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal, menulis surat dan teks prosedur, dan mengidentifikasi norma 


   MATEMATIKA
                             



BAHASA INDONESIA 

Teks prosedur adalah tulisan yang memuat petunjuk secara urut dalam menghasilkan suatu karya. Tujuan Penulisan teks prosedur adalah memberi panduan kepada pembaca untuk menghasilkan karya sesuai yang diinginkan.

Ciri-ciri Teks Prosedur
• Memuat alat dan bahan yang diperlukan
• Memuat tahap kegiatan yang berurut
• Menggunakan kalimat perintah yang singkat dan jelas
• Menggunakan kata kerja aktif

Kapan kita menggunakan Teks Prosedur
• Membuat resep masakan
• Menjelaskan aturan permainan
• Membuat panduan eksperimen sains
• Memberikan arah atau panduan

Urutan Teks Prosedur
• Judul
• Alat dan Bahan
• Langkah Pembuatan
• Tip atau Kesimpulan

JUDUL
Tuliskan judul yang membuat pembaca memahami apa kreasi atau penjelasan yang kamu buat.

ALAT DAN BAHAN
Tuliskan semua alat dan bahan yang dibutuhkan.  Tambahkan keterangan jumlah atau ukuran agar lebih  jelas bagi pembaca.

LANGKAH PEMBUATAN
Tuliskan langkah-langkah pembuatan secara berurut.  Gunakan kata kerja sebagai awal kalimat. 

PENUTUP ATAU KESIMPULAN
Tuliskan tip untuk mempermudah cara pengerjaan ataupun hal-hal penting lainnya yang harus diperhatikan pembaca.

Contoh ragam teks prosedur:

Teks 1:
Cara Membuat Jus Buah dengan Menggunakan Blender

Alat dan bahan:
  1. Potongan buah, air, es batu
  2. Blender

Cara membuat:
  1. Siapkan potongan buah, air, dan es batu.
  2. Siapkan blender dengan kabel sudah tersambung ke panel listrik.
  3. Masukkan potongan buah, air, dan es batu ke dalam blender.
  4. Tutup blender dengan baik dan nyalakan tombol pemutar.
  5. Tunggu sekitar 1 menit hingga buah menjadi halus.
  6. Matikan blender.
  7. Sajikan jus buah dalam gelas.

Mudah, bukan? Jus akan terasa lebih enak jika diminum dalam keadaan dingin dan segar.

Teks 2: 
Cara Mengoper Bola pada Olahraga Bola Basket

Alat dan bahan:
• bola basket

Langkah-langkah:
  1. Sikap badan sedikit membungkuk dan condong ke depan. Kedua tangan memegang bola dengan kedua siku tangan ditekuk sehingga bola berada di dekat dada. 
  2. Langkahkan kaki kanan ke depan sambil mengangkat siku dengan pergelangan tangan diputar ke arah badan.
  3. Dorong bola ke depan sampai kedua lengan lurus. Gerakan diakhiri dengan melecutkan pergelangan tangan ke arah samping luar.

Latihan ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan mengoper bola setinggi dada untuk jarak dekat.  Selamat berlatih.

Latihan
1. Lengkapi petunjuk cara membuat mi rebus sesuai dengan gambar di bawah ini.
Membuat Mie
  • Panaskan air dalam panci dengan api sedang.
  • Setelah air mendidih, masukkan mi ke dalam panci
  • Masukkan telur, potongan sayur, dan irisan bawang. Jangan lupa tambahkan sedikit garam dan lada
  • Aduk-aduk mi selama 2 menit. Stelah matang, angkat dan hidangkan pada mangkuk. Mi siap disantap. 

2. Perhatikan gambar di bawah ini dengan saksama. Gambar di bawah ini menunjukkan prosedur mencuci tangan yang benar menurut petunjuk dari Kementerian Kesehatan. Sekarang, urutkan kelima kalimat di bawah ini agar menjadi sebuah teks prosedur mencuci tangan yang benar.
Mencuci Tangan
4. Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir.
2. Gosokkan sabun ke punggung, telapak, dan sela jari.
3. Bersihkan bagian bawah kuku-kuku.
1. Bilaslah tangan dengan air bersih mengalir hingga tidak bersabun lagi.
5. Keringkan tangan dengan handuk, tisu, atau keringkan dengan diangin-anginkan.

Pendidikan Pancasila 



Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan lancar, dari 24 peserta didik ada 3 peserta didik yang masih belum teliti mengerjakan soal perkalian dan pembagian pecahan.